Rekam E-KTP dengan APD Lengkap, Petugas Disdukcapil Ini Bikin Parno Dikira Pocong

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:55 WIB
loading...
Rekam E-KTP dengan APD Lengkap, Petugas Disdukcapil Ini Bikin Parno Dikira Pocong
Pemkot Tangsel jemput bola dalam melakukan perekaman biometrik E-KTP bagi warga dengan gangguan kejiwaan.Foto: SINDOnews/Hasan Kurniawan
A A A
TANGERANG SELATAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) mulai jemput bola dalam melakukan perekaman biometrik KTP Elektronik (E-KTP) bagi warga dengan gangguan kejiwaan.

Namun ada yang unik dalam kegiatan perekaman biometrik ini. Petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tangsel, yang mendatangi rumah warga door to door, berpakaian alat pelinding diri (APD( lengkap.



Kontan, saat petugas mengunjungi warga yang memiliki gangguan kejiwaan (ODGJ), langsung mengundang ketakutan. Petugas yang mengenakan APD dianggap pocong.

Petugas akhirnya melepaskan APD yang dikenakan sehingga ODGJ itu pun akhirnya mau melakukan perekaman biometrik. Kejadian semacam ini sering kali dialami petugas saat menghadapi ODGJ.

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan mengaku maklum dengan tingkah ODGJ. Dia pun berharap petugas sabar dan diberikan kesehatan.



"Ya, jadi dibujuk keluarganya untuk difoto, diambil sidik jari dan iris mata. Sempat menolak dan ngamuk, katanya takut kalau petugas pakai APD," ujar Dedi, Sabtu (24/7/2021).

Menurut Dedi, perekaman biometrik untuk E-KTP ini memang merupakan pengalaman pertama bagi para ODGJ yang sebelumnya tidak beridentitas.

"Kalau lansia biasa kan bisa jalan, bisa dibonceng anaknya ke kecamatan. ODGJ yang melakukan perekaman di Leguti, Serua, dan Jurangmangu Timur," jelasnya.

Bagi masyarakat ingin melakukan perekaman biometrik KTP Elektronik untuk keluarganya yang ODGJ, bisa menghubungi Disdukcapil Kota Tangsel.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5636 seconds (0.1#10.140)