Sebut Pandemi Gelombang Kedua, Anies: Jakarta Masih dalam Kondisi Baik

Sabtu, 26 Juni 2021 - 00:17 WIB
loading...
Sebut Pandemi Gelombang Kedua, Anies: Jakarta Masih dalam Kondisi Baik
https:/www.sindonews.com/topic/2271/anies-baswedan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan saat ini pandemi Covid-19 di Ibu Kota masih belum terkendali. Bahkan ia menyebutnya sebagai gelombang kedua. Karenanya, Anies meminta masyarakat sangat berhati-hati, apalagi di hari libur atau akhir pekan.

Baca Juga: Anies
Baca juga: Sambangi Posko PPKM Mikro, Anies Harapkan Informasi Soal Data Covid-19 Valid

Anies berujar pada Kamis 24 Juni 2021, Jakarta mendapatkan rekor penambahan kasus harian tertinggi yakni mencapai 7.505. Lalu pada hari ini lebih rendah meskipun masih masuk kategori sangat tinggi yakni 6.934. Dia juga bilang jumlah kasus aktif di Ibu Kota mencapai lebih dari 40 ribu dan angka ini masih terus bertambah.

"Jadi kasus aktif Jakarta, kasus aktif artinya jumlah orang yang sudah terkonfirmasi positif sedang isoman atau isolasi di rumah sakit dan belum dinyatakan negatif, jumlah kasus aktif itu lebih dari 40 ribu di Jakarta dan masih naik angkanya. Padahal dahulu ketika kita alami gelombang pertama di awal Februari itu paling tinggi 27 ribu, sekarang 40 ribu, jadi angkanya cukup tinggi," tuturnya.

Kendati demikian, Anies memaparkan bahwa testing yang dilakukan DKI sangat tinggi yakni 13,5 kali lipat dari standar yang sudah ditetapkan Badan Kesehatan Dunia alias WHO. Bahkan, jumlah testing di Jakarta separuhnya dari total nasional. Sejurus dengan itu, ia berkata bahwa Pemprov DKI terus meningkatkan kapasitas rumah sakit rujukan Covid-19.

"Jadi sangat tinggi bahkan kalau dihitung proporsi Indonesia kira-kira 45 sampai 50 persen dari testing yang ada di Indonesia itu dilakukan di Jakarta, rumah sakit juga begitu kapasitasnya dinaikan terus jauh diatas kapasitas," pungkas dia.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)