KRL Mania, Layanan Bogor-Jakarta Kota di Stasiun Manggarai Ada di Lantai 3

Jum'at, 18 Juni 2021 - 17:16 WIB
loading...
KRL Mania, Layanan Bogor-Jakarta Kota di Stasiun Manggarai Ada di Lantai 3
Pengembangan Stasiun Manggarai yang dikebut saat ini terdiri dari tiga lantai. Jalur KRL Commuter Line Bogor-Jakarta Kota di Stasiun Manggarai akan ditempatkan di lantai 3. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengembangan Stasiun Manggarai yang dikebut saat ini terdiri dari tiga lantai. Jalur KRL Commuter Line Bogor-Jakarta Kota di Stasiun Manggarai akan ditempatkan di lantai 3.

Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menyatakan pengembangan Stasiun Manggarai sebagai bagian dari proyek DDT Cikarang-Manggarai nantinya menjadi stasiun sentral Jakarta, yaitu sebagai simpul jejaring rel di Jakarta.
Baca juga: Tinjau Stasiun Manggarai, Menhub: Saya Minta KCI Lebih Profesional

Stasiun ini adalah tempat bertemunya jaringan rel lingkar Jakarta, rel jurusan Bogor, dan rel jurusan Bekasi yang kemudian terhubung dengan jejaring rel antarkota di Pulau Jawa.

"Wah..bayangkan betapa sibuknya stasiun ini!" tulis akun Instagram @ditjenperkeretaapian dikutip, Jumat (18/6/2021).
Baca juga: Salah Satu Stasiun Tersibuk di Jakarta, Anies Bakal Revitalisasi Stasiun Manggarai

Stasiun Manggarai terbagi menjadi 3 lantai dan khusus track Bogor line ada di lantai 3. Empat jalur track KRL Commuter Line relasi Bogor-Jakarta Kota nantinya akan melintasi jalur layang (elevated) sehingga dapat mengurangi kepadatan perjalanan KA di Stasiun Manggarai.

Untuk lantai 2 akan menjadi layanan penumpang dengan luasan mencapai kurang lebih 9.108 meter persegi. Lantai yang berkapasitas sekitar 17.800 orang itu dilengkapi dengan fasilitas lift dan eskalator.

Sementara di lantai 1 akan menjadi tempat jalur kereta Bekasi yang terbagi dalam enam jalur dan kereta Bandara dengan dua jalur, termasuk 12 peron standformasi.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)