Pasien Covid-19 Melonjak, Stok Plasma Konvalesen di Bekasi Habis

Rabu, 16 Juni 2021 - 13:24 WIB
loading...
Pasien Covid-19 Melonjak, Stok Plasma Konvalesen di Bekasi Habis
PMI Kabupaten Bekasi kehabisan stok plasma konvalesen, pada Rabu (16/6/2021).Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
BEKASI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi kehabisan stok plasma konvalesen , pada Rabu (16/6/2021). Stok darah dari penyintas Covid-19 itu kosong akibat tingginya permintaan usai terjadi lonjakan kasus pasca-libur Lebaran 2021.

Ketua PMI Kabupaten Bekasi, Ahmad Kosasih mengatakan saat ini ketersediaan stok darah plasma konvalesen kosong alias tidak ada sama sekali. Hal itu akibat terjadinya lonjakan permintaan pihak rumah sakit untuk pasien Covid-19.

Plasma konvalesen ini terbukti efektif sebagai salah satu upaya penyembuhan pasien terkonfirmasi Covid-19.
”Maka itu banyak permintaan, ditambah kasus lagi melonjak sehingga permintaan plasma konvalesen itu meningkat,” katanya Rabu (16/6/2021).

Menurut dia, permintaan plasma konvalesen sekurangnya 50 sampai 75 setiap harinya dari pihak rumah sakit saat terjadi lonjakan sekarang ini. Sebelum libur lebaran, permintaan plasma konvalesen hanya 10-20 saja tiap harinya.

PMI Kabupaten Bekasi berharap masyarakat pasien Covid-19 yang telah sembuh atau penyintas Covid-19 untuk ikut menyumbang dan mendonorkan darahnya, dalam rangka membantu stok persediaan darah plasma konvalesen. Darah yang terkumpul akan dimanfaatkan seluruhnya bagi para pasien yang sedang membutuhkan.

”Kami mengimbau, mengajak pada masyarakat penyitas Covid-19, bersedia menjadi pendonor plasma konvalesen untuk pasien Covid-19 yang membutuhkan. Dengan menyumbangkan plasma konvalesen sangat membantu kesembuhan pasien Covid-19 yang sedang berjuang untuk sehat,” tegasnya.

PMI Kabupaten Bekasi sejak lama telah membuka pelayanan donor plasma konvalesen. Ada tiga unit alat donor plasma konvalesen yang tersedia di PMI Kabupaten Bekasi, alat itu sudah memenuhi syarat atau standar yang ada di Indonesia.

Selain penyintas Covid-19, persyaratan pendonor plasma konvalesen sangat ketat. Seluruh kondisi kesehatan skrining, bebas HIV, tekanan darah harus tinggi, kekentalan darah juga harus baik, lalu diutamakan laki-laki.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3125 seconds (0.1#10.140)