Viral Paket Helikopter, Netizen: Kayak Airwolf, Tapi Lebih Mantap Blue Thunder

Senin, 14 Juni 2021 - 20:30 WIB
loading...
Viral Paket Helikopter, Netizen: Kayak Airwolf, Tapi Lebih Mantap Blue Thunder
Video viral rekaman helikopter naik truk trailer di Jalan Juanda, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan pada Sabtu malam 12 Juni 2021, masih meninggalkan tanda tanya. Foto/Ist/Facebook @Lembaga Kajian Pertahanan Strategis
A A A
JAKARTA - Video viral rekaman helikopter naik truk trailer di Jalan Juanda, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan pada Sabtu malam 12 Juni 2021, masih meninggalkan tanda tanya. Apalagi akun facebook @Lembaga Kajian Pertahanan Strategis juga memposting dua foto bodi helikopter yang masih tertutup selubung kain berwarna biru.

Foto pertama yang diunggah berisi gambar tiga unit helikopter yang berada di dalam hanggar. Foto kedua ketika satu unit bodi helikopter dipindahkan dari truk pengangkut menggunakan mobil crane. (Baca juga; Viral! Helikopter Naik Truk di Ciputat Tangsel )

Tidak ada keterangan detail dalam postingan kedua foto tersebut yang menjelaskan, helikopter milik siapa dan di mana lokasinya. Postingan itu hanya menuliskan satu kata singkat “Pakeetttt”.

Postingan foto yang diunggah dua hari lalu itu membuat netizen makin penasaran. Mereka mencoba menebak jenis helikopter yang masih tertutup selubung biru dengan label “Leonardo Helicopters”.

Agustawestland,” ujar akun facebook @CrewBarbershop.

Air wolf,” tulis @Haidarjavas.

Kaya Airwolf ya, tp lebih mantap blue thunder,” kata @Doni Indriono.

Nama Air Wolf atau Blue Thunder sudah tidak asing ditelinga generasi 90-an karena pernah diangkat ke layar lebar dan serial televisi. Kedua film fiksi yang cukup populer ketika itu, menggambarkan kehebatan dua helikopter super itu. (Baca juga; 300 Unit Helikopter Bell 505 Beroperasi di Enam Benua, Bell Terus Investasi )

Viral Paket Helikopter, Netizen: Kayak Airwolf, Tapi Lebih Mantap Blue Thunder

Berbeda dengan Agusta Westland, meskipun belum dikenal luas masyarakat awam, nama perusahaan mutinasional yang mendesain dan membuat helikopter ini sudah populer di dunia dirgantara. Agusta Westland merupakan anak perusahaan Leonardo, perusahaan asal Italia yang fokus pada industri dirgantara, pertahanan, dan keamanan.

Dari penelusuran SINDOnews, website helis.com pada 4 Maret 2021 menuliskan artikel berjudul Dimerco Delivers Helicopters to Indonesia. “Dimerco, perusahaan logistik transportasi, dan Uniair Cargo mengirimkan 3 dari 11 unit helikopter dari perusahaan Leonardo Italia kepada kepolisian Indonesia,” tulis helis.com.

Dari laman web yang sama (helis.com) pada September 2019 dituliskan info tentang penandatangan Letter of Intent (LoI) pengadaan 9 unit helikopter (Agusta Westland) AW 169 dan 2 unit helikopter AW 189 antara perusahaan Leonardo dan kepolisian Indonesia.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2021 seconds (0.1#10.140)