Catat, Ini Jadwal Pembukaan PPDB Online SD dan SMP Negeri di Kota Bekasi

Jum'at, 04 Juni 2021 - 10:06 WIB
loading...
Catat, Ini Jadwal Pembukaan PPDB Online SD dan SMP Negeri di Kota Bekasi
Pra-pendaftaran PPDB Tahun Ajaran 2021/2022 di Kota Bekasi dimulai 7 Juni mendatang.Foto/SINDOphoto/Ilustrasi.dok
A A A
BEKASI - Pra-pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2021/2022 di Kota Bekasi dimulai 7 Juni mendatang. Penerimaan calon peserta didik baru untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan sekolah dengan kuota terbanyak melalui jalur zonasi, yakni 50%.

Rencananya, pemerintah setempat akan membuka pendaftaran untuk tingkat SD akan dibuka pada 14 Juni 2021 dan untuk SMP akan dibuka pada 1 Juli 2021. ”Dalam penerimaan peserta didik baru, kami menyiapkan tiga jalur penerimaan calon peserta didik baru,” kata Sekretaris Dinas Pendidik (Disdik) Kota Bekasi , Krisman Irwandi, Jumat (4/6/2021).

Adapun tiga jalur penerimaan itu, lanjut dia, untuk jalur zonasi dengan kuota 50%, jalur afirmasi 30% dan jalur prestasi akademik dan non akademik 20%.”Zonasi 50% itu dari tingkat SD hingga SMP. Nanti masyarakat menghitungnya dari kartu keluarga ke SMP tujuan, nanti ada titik koordinat atau jaraknya,” ujarnya.

Menurut dia, PPDB 2021 di wilayahnya hanya akan diselenggarakan di SD dan SMP Negeri saja. Sedangkan sekolah swasta dilakukan secara mandiri. Meskipun diselenggarakan secara daring, pihaknya bakal tetap mendirikan sejumlah posko sebagai sarana informasi bagi orang tua murid yang kebingungan saat proses pendaftaran.

Sedangkan kuota jalur afirmasi sebanyak 30% diharapkannya bisa dimanfaatkan masyarakat dengan sebaik-baiknya, terlebih lagi bagi mereka yang perekonomiannya terdampak Covid-19.

Untuk itu, dia berpesan kepada orang tua murid untuk mengatur strategi agar peserta didik bisa bersekolah di tempat yang terdekat dari rumah. Apalagi, kualitas semua sekolah negeri di Kota Bekasi telah memenuhi standar sehingga tak ada istilah sekolah terbaik.

Sebab, semua sekolah sudah memenuhi delapan standar yang sudah ditetapkan.”Jadi enggak ada itu istilah terbaik. Semua sama. Makanya saya sarankan kepada orang tua murid, pintar-pintarlah mengatur strategi dalam mendaftarkan anaknya,” ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1806 seconds (0.1#10.140)