TMII Tambah Kuota Pengunjung Jadi 50 Persen, 4 Wahana Ini Berlakukan Akses Buka Tutup

Minggu, 30 Mei 2021 - 16:23 WIB
loading...
TMII Tambah Kuota Pengunjung Jadi 50 Persen, 4 Wahana Ini Berlakukan Akses Buka Tutup
Salah satu wahana di TMII, Taman Burung berlakukan akses buka tutup bagi pengunjung. Foto: dok TMII
A A A
JAKARTA - Kuota pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dalampembatasan kegiatan masyarakat bertambah menjadi 50% dari 60 ribu menjadi 30 ribu orang di masa pandemi Covid-19 . Hingga pukul 15.00 WIB, pengunjung TMII mencapai 14.850 orang.

"Hari ini kapasitasnya sebesar 50% berarti dari 30 ribu menjadi 60 ribu dan berharap dapat bertambah menjadi 15 hingga 20 ribu hingga sore hari. Untuk protokol kesehatan (Prokes) itu menerapkan 3M secara tetap, untuk kendaraan disemprot disenfektan, cek suhu, dan wajib menggunakan masker," terang Kepala Humas TMII, Adi Widodo saat dihubungi MNC Portal Indonesia (MPI), Minggu,(30/05/2021).

Terkait protokol kesehatan (prokes), kata dia, TMII telah menyediakan tempat cuci tangan berserta sabun, mengimbau pengunjung menggunakan masker, menghindari kerumunan,dan menjaga jarak.

"Sebelum masuk kami lakukan cek suhu jika di atas 37 derajat keatas maka pengunjung diarahkan putar balik. Kami juga imbau agar tidak membuat kerumunan dengan mengarahkan mereka menempati area TMII yang masih sepi lingkungannya. Saya rasa ruang terbuka di TMII masih cukup luas dan memungkinkan mereka bercengkrama bersama keluarga," tutur Adi.

Menurutnya, penggunaan sistem buka tutup di pintu utama dirasa tidak perlu mengingat kapasitas belum terpenuhi. Namun pada empat wahana seperti Taman Burung, taman akuarium air tawar, Museum Komodo dan Taman Reptil, dan Taman Legenda Keong Emas diberlakukan akses buka tutup guna menghindari kerumunan.

"Untuk empat wahana tersebut apabila sudah sesuai kuotanya baru ditutup. Setelah ada kekurangan di dalam, baru kami buka aksesnya dimana selalu ditampilkan pada papan pengumuman misalnya seperti di taman burung, disitu hanya 400 orang/jam yang boleh masuk kedalam dengan total keseluruhan sebanyak 1.030 orang jadi masuknya secara bergantian. Begitu juga dengan anjungan-anjungan di TMII," paparnya.

Untuk TMII sendiri dibuka mulai pukul 08.00-20.00 WIB. Namun untuk berbagai wahana dan anjungan dibatasi hanya sampai pukul 17.00 WIB.

"Kami berharap masyarakat selalu mematuhi prokes karena sekarang ini dan kita harus berdamai dengan Covid-19 di mana dapat menempatkan diri kita karena kesehatan adalah yang utama. Bagi calon pengunjung yang kurang fit dapat berkunjung ke TMII di lain hari. Kita juga terus mematuhi anjuran Pemerintah untuk menghadapi kondisi pandemi ini," harapnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)