Nyeleneh, Begini Kisah Pasar Nyamuk Kota Tangerang

loading...
Nyeleneh, Begini Kisah Pasar Nyamuk Kota Tangerang
Pasar Nyamuk, Cipondoh, Kota Tangerang. Foto: YouTube Kancadolan
JAKARTA - Pasar Nyamuk cuma ada di Tangerang. Mungkin orang Tangerang pun baru tahu keberadaan Pasar Nyamuk ini. Unik namanya. Pasar Nyamuk berlokasi di RW 10, Kelurahan Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang .

Kenapa disebut Pasar Nyamuk? Dikutip dari tangerangonline.id, Minggu (30/5/2021), konon ketika pasar itu berdiri setiap paginya selalu dikerubuti nyamuk. Ketika para pedagang membuka dagangan bukan pembeli yang dating melainkan rombongan nyamuk yang beterbangan saat pagi hari.
Baca juga: Sudin KPKP Jakut Sidak Lima Pasar, Periksa 255 Sampel Produk Pangan



Menurut M Roni, salah satu pedagang Pasar Nyamuk, dahulu pasar ini sepi pembeli pada pagi hari kendati lokasinya berada di kawasan Perumahan Cipondoh Makmur. “Mungkin masih sedikit penduduknya karena hanya penduduk di Perumahan Cipondoh Makmur saja,” ujarnya.

Bahkan, pasar ini menjadi sarang nyamuk ketimbang pembeli yang berbelanja. “Jadi, warga dulu tak ada yang mau beli di sini karena alasannya banyak nyamuk,” ucapnya.

Namun, seiring perkembangan penduduk yang cukup padat di kawasan Cipondoh Makmur membuat nyamuk-nyamuk tak mau beterbangan lagi lalu berganti pembeli yang banyak berdatangan. Lama kelamaan pun nyamuk yang berseliweran di pasar hilang.

“Sekarang warganya banyak dan juga sudah mau membeli di pasar ini. Jarang sekarang mah nyamuk, tidak seperti dulu nyamuk setiap paginya pasti ada,” kata Roni.
Baca juga: Sejarah Gedung Filateli, Kantor Pos Pertama Buatan VOC di Batavia

Meski nyamuk lenyap, nama pasar ini tetap dikenal dengan sebutan Pasar Nyamuk. “Masyarakat dan pedagang, kalau menyebut pasar ini ya Pasar Nyamuk. Karena dulunya banyak nyamuk sekarang menjadi terkenal dengan Pasar Nyamuk,” ujarnya.

Lalu, bagaimana jika mau ke Pasar Nyamuk? Kalau naik KRL Commuter Line turun di Stasiun Poris cukup jalan 13 menit, sedangkan dari Stasiun Batu Ceper berjalan sekitar 33 menit. Bagi yang naik angkutan umum turun saja di Jalan Galaxy, Poris Indah, sekitar 18 menit sampai di Pasar Nyamuk.
(jon)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top