Pemkot Jakut Tutup Perusahaan yang Buang Limbah ke Kali Sodetan

Jum'at, 28 Mei 2021 - 16:58 WIB
loading...
Pemkot Jakut Tutup Perusahaan yang Buang Limbah ke Kali Sodetan
Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) melakukan pengawasan langsung ke sejumlah perusahaan pengolahan makanan di wilayah Kapuk Muara, Penjaringan, Jumat (28/5/2021). Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara melalui Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) melakukan pengawasan langsung ke sejumlah perusahaan pengolahan makanan di wilayah Kapuk Muara, Penjaringan, Jumat (28/5/2021).

Dalam pengawasan yang dilakukan, Sudin LH mengancam memberikan sanksi tegas berupa penutupan kepada UD Athien yang terbukti melakukan pembuangan air limbah produksi tanpa melewati proses pengolahan di Instalasi Pengolah Air Limbah (IPAL) yang sudah dimiliki.

Pemkot Jakut Tutup Perusahaan yang Buang Limbah ke Kali Sodetan


"Industri pengolahan makanan laut seperti baso ikan dan otak-otak, mereka mengalirkan air produksi otak-otak langsung dibuang ke Kali Sodetan Angke," ujar Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Dampak Lingkungan dan Kebersihan, Sudin LH Jakarta Utara, Suparman di lokasi.



Suparman menegaskan, praktik pembuangan air limbah langsung tanpa proses pengolahan sangat tidak dibenarkan, karena dapat mencemari lingkungan sekitar.

"Mereka memiliki Instalasi Pengolah Air Limbah (IPAL) dengan sistim pengolahangrafitasi/pengendapan yang terdiri dari 3 bak dengan ukuran masing panjang 1 meter, lebar 1 meter, dalam 1,5 meter, namun belum dimanfaatkan secara maksimal," ungkapnya.

Pemkot Jakut Tutup Perusahaan yang Buang Limbah ke Kali Sodetan


Suparman menegaskan akan memberikan sanksi tegas dengan menutup dan mencabut izin usaha jika dalam tiga sampai lima hari ke depan belum menutup bypass pembuangan air produksinya.

"Kami akan cabut izin usahanya jika produksinya dilakukan tanpa melewati proses pengolahan air limbah di IPAL. Mereka juga harus melakukan penutupan bypass pembuangan air produksi ke Kali Sodetan Angke," ucapnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)