Usai Tonton Film Tjoet Nja' Dhien, Anies: Jangan Pernah Kau Khianati Negeri Ini!

Senin, 24 Mei 2021 - 01:17 WIB
loading...
Usai Tonton Film Tjoet Nja Dhien, Anies: Jangan Pernah Kau Khianati Negeri Ini!
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai menonton film Tjoet Nja Dhien disalah satu bioskop di Jakarta, Minggu (23/5/2021).Foto/Istimewa/IG @aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memboyong istri dan 4 anaknya nonton film Tjoet Nja' Dhien disalah satu bioskop di Jakarta, Minggu (23/5/2021). Usai menonton film tersebut Anies mengunggah sejumlah foto dengan tulisan “Jangan pernah kau khianati negeri ini!”.

Unggahan Anies ini mendapatkan ratusan ribu Like dan ribuan komentar dari pengikutnya di akun Instagram @aniesbaswedan. Anies menulis caption dengan awalan,“Jangan pernah kau khianati negeri ini!”.

Selanjutnya Anies menulis, "Itu kalimat terakhir yang keluar dari Cut Nyak Dhien di film ini. Badannya renta tapi imannya kokoh. Matanya rabun tapi hatinya jernih. Pakaiannya gelap tapi sinar mukanya cerah.

Menurut Anies, Tjoet Nja’ Dhien adalah kisah perempuan tangguh. Dia memancarkan aura kecemerlangan hati dan keteguhan iman. Pancaran yang membuat ribuan terpanggil untuk perang sabil. Gema takbir bergema di hutan dan pilihan yang dia tawarkan sederhana: Menang atau Syahid.

Tontonlah film ini. Resapi kisahnya. Refleksikan kondisinya. Bayangkan bila kita hidup di masa itu: ada di pihak manakah kita berada? Sanggupkah kita pilih jalan terjal tapi mulia? Jalan perjuangan? Sanggupkah?

Bagi yang saat ini sudah bisa hidup nyaman, sejahtera di negeri ini. Ingatlah bahwa di bawah kenyamanan saat ini, ada pondasi yang dibentuk dari jutaan orang tak dikenal yang menghibahkan nyawanya sebagai ongkos untuk negeri ini bisa merdeka. Baca: Anies Sekeluarga Nonton Film Tjoet Nja’ Dhien, Warganet: Kirain Nonton Dilan, Pak!

Anies mengaku, menonton beberapa kali saat film ini keluar pertama kali di tahun 1988. Saat itu masih duduk di bangku SMA. Kini film Tjoet Nja’ Dhien diputar ulang. Getaran semangat dalam film ini masih tetap kuat.

Eros Djarot memang fenomenal. Dia sanggup mengejawantahkan gelora heroik masa itu menjadi rangkaian gambar dan narasi yang dahsyat. Dia serap gelora perjuangan rakyat Aceh, lalu dipancarkannya dalam berbagai adegan dengan memesona. Ya, Eros Djarot memang dahsyat!

Tontohlah film ini dan kita akan makin sadar mengapa Aceh itu tanahnya harum. Di Aceh inilah tanahnya disiramirata dengan darah para syuhada. Ya, pengharum tanah di Aceh itu adalah darah syuhada.

Tontonlah film ini, ada hikmah dan pelajaran amat dalam dari menonton film Tjoet Nja’ Dhien ini....#ABW. Caption dalam tulisan ini diberi #ABW yang berarti ditulis langsung oleh Anies Baswedan.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)