Uji Coba Jalur Road Bike di JLNT Casablanca, Warganet: Kok Boleh?

Minggu, 23 Mei 2021 - 09:33 WIB
loading...
Uji Coba Jalur Road Bike di JLNT Casablanca, Warganet: Kok Boleh?
Sejumlah pesepeda road bike mulai melintasi Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan, Minggu (23/5/2021). Foto/Istimewa/Tagkapan Layar Instagram @merekamjakarta
A A A
JAKARTA - Sejumlah pesepeda road bike mulai melintasi Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca , Jakarta Selatan, Minggu (23/5/2021). Mereka melintas dalam rangka melakukan uji coba jalu road bike pada jalur JLNT.

Adapun terlihat sejumlah petugas Polisi, Satpol PP dan Dishub turut meninjau lokasi tersebut. Menurut informasi dari akun instagram @TMCPoldaMetro Polri Dit Lantas PMJ dan Dishub melakukan pengamanan dan pengaturan uji coba road bike tersebut dikepalai oleh Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo. (Baca juga; Episode 2, Kutukan di Kolong Casablanca Bikin Bulu Kuduk Merinding )

"07.16 Polri Dit Lantas PMJ dan Dishub pengamanan & pengaturan Uji Coba Sepeda di Layang Non Tol Casablanca dari Kampung Melayu arah Tanah Abang yg dipimpin oleh Kadishub DKI mulai Pukul 05.00 Wib s/d 08.00 WIB." dilansir dari akun instagram @tmcpoldametro Minggu (23/5/2021)

Salah satu kegiatan pengamanan dan pengaturan tersebut yakni para polisi melakulan pembersihan kerikil guna menghindari adanya kecelakaan pesepeda. Hal ini terkhusus pada Kolong Casablangca sisi timur geometrik yang jalannya dianggap belum sempurna. (Baca juga; Polri dan Dishub DKI Pantau Masyarakat yang Olahraga Pagi di HI dan Casablanca )

"07.26 Polri Dit Lantas PMJ upaya dg pembersihan kerikil agar pesepeda tdk terpeleset yg mengakibatkan Cidera di Kolong Casablangca sisi timur geometrik jalan belum sempurna dlm rangka Uji Uji Coba Sepeda di Layang Non Tol Casablanca mulai pukul 05.00 s/d 08.00 WIB." dilansir dari unggahan instagram @tmcpoldametro

Berdasarkan unggahan video @merekamjakarta setidaknya terlihat 20 pesepeda yang akan melewati JLNT tersebut. Mereka terlihat memacu sepedanya untuk menanjak dimulai dari arah Kampung Melayu menuju Tanah Abang. Adapun semua sepeda yang terlihat memakai atribut sepeda lengkap dengan helm di kepala.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan melaksanakan uji coba jalur road bike di JLNT Kampung Melayu menuju Tanah Abang dimulai pasar Minggu ini. Uji Coba kebijakan tersebut dimulai sejak pukul 05.00 WIB sampai 08.00 WIB di hari Sabtu dan Minggu.

Kebijakan ini menuai berbagai komentar oleh warganet. Pasalnya kendaraan motor roda dua tidak diperbolehkan melintasi JLNT karena dianggap terlalu berbahaya.

"Bisa-bisanya motor gadibolehin karena alesan angin kencang karena tinggi eh road bike diperbolehkan. emg roadbike lebih tahan angin? pengen tau gw yang bikin kebijakan siapa?betapaa to.... ah sudahlah." balas akun @nanangsetya_008 pada kolom komentar Minggu (23/05/2021).

Adapun untuk menunjang kebijakan uji coba road bike, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengaku pihaknya juga melakukan rekayasa lalu lintas. "Jalan Layang Non Tol Kampung Melayu-Tanah Abang difungsikan sebagai road bike sampai dengan putar balik arah barat-barat di bawah Flyover Dr Saharjo," kata Syafrin, Sabtu (22/05/2021).

Lebih lanjut, Syafrin menyebutkan, kendaraan yang akan berputar dari arah barat-barat di bawah Flyover Dr Saharjo dialihkan menuju Jalan Dr Saharjo, lalu berputar arah selatan-selatan di Jalan Dr Saharjo, kemudian berputar arah utara-utara di depan Balai Sudirman.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)