Kasus Positif COVID-19 di Perumahan Griya Melati Bogor Jadi 46 Orang

Minggu, 23 Mei 2021 - 01:01 WIB
loading...
Kasus Positif COVID-19 di Perumahan Griya Melati Bogor Jadi 46 Orang
Sembilan kasus COVID-19 baru teridentifikasi di Perumahan Griya Melati, Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat. FOTO/IST
A A A
BOGOR - Sembilan kasus COVID-19 baru teridentifikasi di Perumahan Griya Melati, Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor , Jawa Barat. Dengan penambahan ini, maka total ada 46 orang yang positif terinfeksi virus corona di perumahan ini.

"Tadi pagi kami terima hasil swab PCR konfirmasi positif sebanyak 1 orang. Kemudian sore ini kami kembali terima hasil swab PCR konfirmasi positif sebanyak 8 orang. Jadi ada penambahan kasus untuk 9 orang. Dengan demikian total kasus sampai dengan hari ini menjadi 46 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Sri Nowo Retno dalam keterangannya, Sabtu (22/5/2021).

Dengan terus bertambahnya kasus tersebut, Satgas Covid-19 Kota Bogor mengeluarkan perintah melalui surat Nomor: 104/001-Set. Isinya memutuskan untuk segera karantina atau isolasi bagi warga yang positif Covid-19 di Pusdiklat BPKP Ciawi.

Baca juga: Dinkes DKI Temukan 352 Spesimen Terduga Mutasi Covid-19, Dua Positif Varian India

Keputusan ini berdasarkan penyelidikan Dinkes Kota Bogor dan rekomendasi tim Surveillance Kementerian Kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan upaya deteksi penyebaran virus varian baru.

"Temuan penambahan kasus ini sangat mengkhawatirkan. Untuk itu perlu langkah-langkah yang harus segera dilakukan untuk memutus rantai penularan dan penularan yang lebih luas lagi. Kami menyarankan agar seluruh kasus positif harus isolasi di pusat isolasi BPKP Ciawi atau RS (yang mempunyai komorbid atau bergejala sedang)," kata Retno.

Kemudian, semua kontak erat harus karantina 5 hari dan dilakukan swab antigen dan PCR. Pembatasan aktivitas warga dan menutup akses kompleks serta menyemprotkan cairan disinfektan ke rumah dan lingkungan secara rutin.

"Semua kontak erat wajib karantina lima hari tidak aktivitas dulu. Kita lakukan swab antigen hari ke-1 dan hari ke-5 untuk memastikan benar-benar negatif COVID-19 baru boleh aktivitas," katanya.

Baca juga: 32 Nakes RSUD Cilacap Tertular saat Rawat ABK yang Terjangkit Varian Baru COVID-19

Seperti diketahui, puluhan kasus positif COVID-19 di Perumahan Griya Melati Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Awalnya, ditemukan 25 warga positif hingga yang terkini jumlahnya sudah mencapai 46 orang.

Diduga, penularan tersebut berawal dari salah satu warga yang usai melakukan perjalanan luar kota sebelum Idul Fitri. Kemudian, virus menular dengan cepat terhadap warga lainnya di perumahan tersebut.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)