Dikunjungi Sanak Saudara saat Lebaran, Puluhan Warga Cilangkap Terpapar Covid-19

Kamis, 20 Mei 2021 - 16:19 WIB
loading...
Dikunjungi Sanak Saudara saat Lebaran, Puluhan Warga Cilangkap Terpapar Covid-19
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Sebanyak 51 warga yang terdiri atas 18 kepala kekuarga (KK) di RT 03/RW 03, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, ditemukan positif Covid-19. Temuan ini bermula saat seorang warga inisiatif memeriksakan diri.

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Erwin Kurniawan, mengatakan, terpaparnya warga diduga terjadi saat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Saat itu kediaman warga tersebut banyak dikunjungi sanak kelaurga.



"Dilakukan tes dan hasilnya ternyata ada satu orang positif Covid-19. Kemudian dikembangkan dan pemeriksaannya, ternyata ditemukan 16 orang lagi," ujar Erwin di Jakarta Timur, Kamis (20/5/2021).

Setelah itu, pemeriksaan kesehatan kembali dilanjutkan dan ditemukan tambahan kasus hingga mencapai 51 orang. "Dikembangkan lagi dan hasilnya menjadi 51 orang yang positif Covid-19,” ujarnya.

Baca juga: Satgas Sebut Lonjakan Kasus COVID-19 Luar Biasa Sangat Mungkin Terjadi

Sementara itu, Camat Cipayung Fajar Eko Satrio, menjelaskan, 51 warga yang terindikasi Covid-19 diakibatkan tertular dari orang yang postif namun tidak memiliki gejala.

"Kemungkinan ini dari silaturahmi saat Hari Raya Idul Fitri, lantaran adanya satu dua warga yang bergejala dan tidak diketahui," ungkapnya.

Saat ini pihaknya bersama satgas Covid setempat tengah melakukan tracing, testing, dan treatment, guna mencegah penyebaran semakin meluas.

"Petugas gabungan akan melakukan tracing dan skrining terhadap warga sekitar. Jika hasilnya ada yang reaktif akan langsung dilakukan tes PCR," tuturnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)