alexametrics

Muhammadiyah Jakarta Utara Imbau Warga Salat Idul Fitri di Rumah

loading...
Muhammadiyah Jakarta Utara Imbau Warga Salat Idul Fitri di Rumah
Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Jakarta Utara, Sukiman Rusli mengatakan sepakat terhadap kebijakan MUI Provinsi DKI Jakarta yang menganjurkan pelaksanaan Salat Idul Fitri di rumah. Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A+ A-
JAKARTA - Untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) akibat adanya kerumunan massa. Muhammadiyah Kota Jakarta Utara sepakat terhadap kebijakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta yang menganjurkan pelaksanaan Salat Idul Fitri di rumah.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Jakarta Utara, Sukiman Rusli mengatakan kondisi Idul Fitri 1441 saat ini berbeda dengan kondisi pada tahun sebelumnya. Sebab menuturnya pada tahun ini, terdapat penyebaran COVID-19 sehingga pelaksanaan Salat Idul Fitri dianjurkan untuk dilaksanakan di rumah masing-masing. (Baca juga: Punya Mobil dan Rumah Bagus, Warga Nganjuk Ini Tak Mau Mundur sebagai Penerima PKH)

"Apa yang mereka (MUI Provinsi DKI Jakarta) sampaikan mari kita ikuti, dalam menyikapi menghadapi musibah infeksi yang menular ini (COVID-19)," ujar Sukimin saat dikonfirmasi di Kantor Muhammadiyah, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (23/5/2020).

Menurut Sukimin, yang juga merupakan dokter spesialis penyakit dalam ini menjelaskan bahwa virus COVID-19 sangat mudah menyebar, apalagi terjadi sebuah kerumunan masa. Untuk itu, dirinya mengimbau untuk amsyarakat melaksanakan Salat Idul Fitri di rumah dan tidak melaksanakannya masjid, musala, langgar, atau pun lapangan karena berpotensi terjadi kerumunan massa.



"Jadi kita harus menjaga jarak interaksi dan kurangi aktivitas di luar rumah. Budayakan tutup mulut saat batuk dan bersin," jelasnya.

Sukimin berharap masyarakat untuk terap bersabar terhadap keputusan larangan sementara salat berjamaah di masjid, musala, dan langgar. Kegiatan keagamaan umat muslim ini baru bisa kembali berjalan normal jika kondisi wabah menurun. (Baca juga: Pemkot Bogor Larang Takbiran Keliling dan Salat Idul Fitri di Masjid)

"Salat berjamaah belum diizinkan pemerintah dan alim ulama sampai sekarang. Kalau memang sudah bisa dibasmi kita bisa kembali ibadah berjamaah," tutupnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak