Visi IKA FH UMP Komisariat Jabodetabek Mesti Selaras Cita-cita Muhammadiyah

Selasa, 06 Agustus 2024 - 15:00 WIB
loading...
Visi IKA FH UMP Komisariat...
Prosesi pengukuhan IKA FH UMP Komisariat Jabodetabek Periode 2024–2028, di Gedung Kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Jakarta. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang (IKA FH UMP) Komisariat Jabodetabek Periode 2024–2028 resmi dikukuhkan di Gedung Kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Jakarta. Mengusung tema “Menuju Organisasi Alumni yang Profesional, Kuat, Berkarakter, yang Sejalan Dengan Cita–Cita Persyarikatan Muhammadiyah”, prosesi pengukuhan dilakukan oleh Ketua Umum DPP IKA FH UMP H Muhammad Arifudin.

baca juga: Ramah Lingkungan, 3.000 Mahasiswa UMP Buka Puasa dengan Takjil Dibungkus Daun Pisang

“Keberadaan para alumni yang berhimpun dalam IKA FH UMP Komisariat Jabodetabek ini kiranya dapat bermanfaat baik bagi masyarakat, agama, bangsa dan negara sesuai dengan cita–cita dan tujuan dari Persyarikatan Muhammadiyah,” ujar Ketua Harian IKA FH UMP Komisariat Jabodetabek Rahmadany Firmansyah.

Hadir dalam kesempatan itu, perwakilan PP Muhammadiyah H Muhammad Ziyad, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan (Sumsel) H Ridwan Hayatudin, Sekretaris Jenderal DPP IKA FH UMP Ridho Junaidi, para pengurus IKA FH UMP Komisariat Jabodetabek berikut para alumni FH UMP yang berdomisili dan bekerja di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya.

Diketahui, IKA FH UMP Komisariat Jabodetabek ini adalah perpanjangan tangan dari DPP IKA FH UMP yang berkedudukan di Palembang, dan merupakan salah satu program kerja DPP IKA FH UMP untuk membentuk komisariat–komisariat di berbagai daerah di luar dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Adapun pengurus IKA FH UMP Komisariat Jabodetabek terdiri dari 14 orang Dewan Penasehat yang diketuai oleh Zen Smith, 14 orang Dewan Pembina yang diketuai Mayjend TNI H Mujahidin, serta 22 orang Pengurus Harian yang diketuai Rahmadany Firmansyah, Sekretaris Efriza Besemah, dan Bendahara Rika Yulia Sfari.

IKA FH UMP Komisariat Jabodetabek sebagai wadah berhimpunnya para alumni yang selama ini belum saling mengenal. Oleh karenanya, dengan adanya IKA FH UMP Komisariat Jabodetabek para alumni khususnya yang berdomisili dan bekerja di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya dapat bersatu, bekerja sama dan saling membantu.

baca juga: 10 Kampus Muhammadiyah Terbaik Versi Webometrics 2023, Ada Almamatermu?

“Semoga IKA FH UMP bisa semakin menguatkan ikatan kekeluargaan di antara alumni, sehingga tercipta kesolidan. Kita bertekad IKA FH UMP Komisariat Jabodetabek bisa dikelola dengan baik dari segi administrasi, periodik kepemimpinan dan program kerja agar dapat bermanfaat baik bagi alumni dan juga lingkungan masyarakat,” ujar Rahmadany.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP IKA FH UMP, H Muhammad Arifudin menyampaikan, bahwa alumni FH UMP lebih luas lagi alumni perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) banyak sekali, tidak hanya tersebar di Jabodetabek, tapi seluruh Indonesia bahkan sampai luar negeri pun ada. Maka itu, dalam waktu dekat pihaknya akan beraudiensi dengan PP Muhammadiyah guna menyampaikan usulan agar para alumni dihimpun dalam suatu forum, walaupun forum tersebut tidak masuk di dalam Organisasi Otonomi Muhammadiyah (Ortom).

“Aset yang sangat besar ini (para alumni) lahir dari amal usaha Muhammadiyah, di mana cita-cita dan tujuan Persyarikatan Muhammadiyah harus dijalankan oleh para alumni di dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” kata dia.
(hdr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)