Sepi Pemudik, Jalur Bekasi-Karawang Dipenuhi Mudik Lokal

Kamis, 13 Mei 2021 - 15:11 WIB
loading...
Sepi Pemudik, Jalur Bekasi-Karawang Dipenuhi Mudik Lokal
Hari H Idul Fitri, jalur mudik di Kota dan Kabupaten Bekasi menuju Pantura sepi dari kendaraan pemudik.Foto/SINDOnews/Abdullah M Surjaya
A A A
BEKASI - Hari H Idul Fitri , jalur mudik di Kota dan Kabupaten Bekasi menuju Pantura sepi dari kendaraan pemudik . Sebagian besar kendaraan yang melintas di jalur utama maupu Kalimalang adalah sepeda motor bernomor polisi wilayah Bekasi dan Jakarta.

Pada tengah malam tadi, puluhan petugas di pos penyekatan di Gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur maupun di penyekatan di Kedungwaringin (Perbatasan Bekasi - Karawang), Jalan Renggas Bandung, Kabupaten Bekasi tampak beristirahat karena lalu lintas pemudik yang sepi pada masa larangan mudik ini.

Hanya saja, menjelang Kamis (13/5/2021) siang banyak kendaraan roda empat mulai memenuhi ruas Tol Jakarta- Cikampek arah Cikampek. Petugas tampak memutar balik sejumlah kendaraan di titik penyekatan KM 31 Cikarang Barat. Namun, kendaraan yang melintas terbilang relatif ramai lancar tidak separah beberapa hari lalu saat ratusan ribu pemudik melintas.

Meski demikian volume kendaraan yang melintas di ruas tol Jakarta-Cikampek dapat dihitung dengan jari. Terlihat mobil yang terjaring dalam penyekatan hendak mudik lokal ke arah Karawang, Subang, Purwakarta dan Bandung. Kondisi serupa juga terlihat di beberapa jalan arteri banyak warga Bekasi melakukan mudik lokal di Jakarta dan sekitarnya.

Salah satu pemudik Abas Baskoro (32) terpaksa harus putar balik kembali ke Kota Bekasi, setelah warga Bekasi Selatan ini ingin bersilaturahmi ke wilayah Karawang Barat dicegat oleh petugas penyekatan di KM 31 Cikarang Barat.”Saya bersama keluarga mencoba mudik lokal ke rumah saudara, tapi malah tidak bisa, ya sudah saya pulang lagi,” kata ayah dua anak ini. Baca: Mudik, Rumah di Kabupaten Bekasi Bakal Ditempeli Stiker Satgas Covid-19

Sementara Kepolisian Resor Metro Bekasi Kota mencatat selama periode pelarangan mudik, petugas mencatat sebanyak 1.466 kendaraan pemudik sudah diputar balik. Pemudik yang didominasi oleh pengendara roda dua dengan tujuan wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, mereka tersekat ketika akan melaju ke wilayah Kabupaten Bekasi.

Kasat Lalu Lintas Polres Metro Bekasi, AKBP Agung Pitoyo Putro mengatakan, sebanyak 1.466 kendaraan berhasil diputar balikkan oleh pihak kepolisian melalui Operasi Ketupat Jaya 2021 yang diberlangsungkannya sejak Kamis, 6 Mei 2021 lalu hingga tadi malam.”Saat ini kondisi pemudik relatif turun drastis, namun pemudik didominasi pemudik lokal,” katanya.

Adapun 6 pos penyekatan yang antara lain berada di Sumber Arta, Harapan Indah,Tol Bekasi Barat, Tol Bekasi Timur, Sasak Jarang dan Tiongyang. Untuk jenis kendaraan yang diputar balik meliputi kendaraan roda empat pribadi sebanyak 484 kendaraan, roda empat penumpang sebanyak 93 kendaraan, roda dua 846 kendaraan dan 43 kendaraan barang.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)