Mudik, Rumah di Kabupaten Bekasi Bakal Ditempeli Stiker Satgas Covid-19

loading...
Mudik, Rumah di Kabupaten Bekasi Bakal Ditempeli Stiker Satgas Covid-19
Mudik menggunakan sepeda motor. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
BEKASI - Warga Kabupaten Bekasi yang mudik ke kampung halaman harus bersiap rumahnya ditandai oleh stiker khusus oleh Satuan Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi. Saat ini, pemerintah setempat sedang mendata jumlah warganya yang sedang mudik.

“Pemasangan itu dilakukan guna menandakan warga yang telah melakukan mudik,” ujar Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawang kepada wartawan, Kamis (13/5/2021). Baca juga: Satgas COVID-19 Akui Penerapan Kebijakan Larangan Mudik Tidak Sepenuhnya Sempurna



Selain yang mudik diberikan stiker, yang sudah mudik juga setiap rumahnya ditandai stiker. Hendra menjelaskan, proses pendataan serta pemasangan stiker dilakukan Satgas Covid-19 mulai tingkat kelurahan/ desa dibantu RT/RW. Fungsi stiker itu, guna mempermudah nantinya dalam proses pemeriksaan pemudik yang kembali ke Bekasi dengan keadaan sehat atau bebas Covid-19.

“Jadi Satgas datang cek apakah sudah ada hasil tes swab antigen. Jika tidak nanti akan dites didatangi ke rumah atau tempat tinggalnya,” ungkap Kepala Kepolisian Resor Metropolitan (Kapolrestro) Bekasi ini. Pihaknya saat ini, telah meminta bantuan alat swab antigen sebanyak 480 ribu.

Sehingga nanti pemeriksaan swab antigen akan dilakukan di titik penyekatan arus balik mudik. ”Bagi mereka yang tidak terjaring swab tes, akan didatangi dilakukan swab tes ke rumahnya. Pokoknya dipastikan mereka yang datang usai mudik harus dalam keadaan sehat,” ungkapnya. Baca juga: Antisipasi Kerumunan, Satgas COVID-19 Plototi Pusat Perbelanjaan di Kuningan

Kendati demikian, Hendra mengimbau masyarakat Bekasi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan tetap menggunakan masker, jaga jarak dan tidak berkerumun. Dengan adanya kepatuhan masyarakat, diharapkan dapat menekan angka penyebaran virus corona dari para pemudik.
(mhd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top