Bantu Warga Terkena Bencana, Pemkot Jaktim Targetkan ZIS 2021 Rp34,2 Miliar

loading...
Bantu Warga Terkena Bencana, Pemkot Jaktim Targetkan ZIS 2021 Rp34,2 Miliar
Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar. Foto: Dok/SINDOnews
JAKARTA - Baznas Bazis Jakarta Timur menargetkan Rp34,2 miliar Zakat Infaq dan Sodaqoh (ZIS) pada tahun 2021. Hal ini bertujuan untuk membantu warga sekitar yang membutuhkan seperti ketika terkena musibah.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan, ZIS dapat sangat berguna bagi kepentingan warganya. Selain itu, melalui ZIS juga persoalan kemiskinan masyarakat Jakarta Timur diharapkan dapat teratasi.

"Jakarta Timur memiliki penduduk yang banyak dan beberapa bencana terjadi di Jakarta Timur, dengan Baznas Bazis Kota Jakarta Timur diharapkan bantuan-bantuan dapat tersalurkan bagi masyarakat yang mengalami bencana atau kesulitan," kata Anwar saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Selasa (13/4/2021).

Dikatakan Anwar, untuk merealisasikan capaian tersebut pihaknya pun ikut serta mengumpulkan ZIS melalui Tunjangan Kerja Daerah (TKD) sebesar 2,5 persen. Baca juga:Fatwa MUI Tegaskan Penyaluran Zakat Harus Perhatikan Prokes Corona

"Kita semua (ASN) berkomitmen dari TKD-ya mau pejabat tidak pejabat tetap kita potong 2,5 persen setiap bulannya dan upaya lain pendekatan dengan pengusaha dan sebagainya, dengan tujuan membantu masyarakat yang kurang mampu, dhuafa, dan sebagainya," bebernya.



Dia menambahkan, untuk target capaian ZIS tahun 2020 berhasil terkumpul sebesar Rp23,3 miliar dari dana yang ditargetkan Rp21 miliar. Adapun pengumpul ZIS terbanyak ada di tiga Kelurahan yakni Kelurahan Duren Sawit, Kelurahan Penggilingan dan Kelurahan Jatinegara. Baca juga:MUI Keluarkan Fatwa Zakat agar Dimanfaatkan untuk Corona

"Walaupun di tengah pandemi kerja keras masih bisa meraih prestasi yang membanggakan. Semoga capaian ZIS tahun ini dapat tercapai dan bermanfaat bagi masyarakat sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat ZIS," tuturnya.
(mhd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top