Pemkot Bogor Survei Kepuasan Pasien RS Lapangan Covid-19, Begini Hasilnya

loading...
Pemkot Bogor Survei Kepuasan Pasien RS Lapangan Covid-19, Begini Hasilnya
RS Lapangan Covid-19 Kota Bogor. Foto: SINDOnews/Dok
BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor merilis hasil survei kepuasan pelanggan atau pasien RS Lapangan Covid-19 dari Januari hingga Maret 2021. Hasilnya, setiap bulan tingkat kepuasan pasien Covid-19 meningkat.

Kepala RS Lapangan Covid-19 Kota Bogor Yety Hariyati secara periodik setiap bulan melaporkan hasilnya. "Adapun maksud dan tujuan kegiatan survei kepuasan pelanggan ini adalah sebagai evaluasi terhadap pelayanan kesehatan yang telah diberikan," katanya.

Bahan masukan terhadap perbaikan kualitas pelayanan kesehatan, quality control pelayanan kesehatan, mengetahui kepuasan pelanggan terhadap pelayanan, khususnya rumah sakit.

Baca juga: Selama Ramadhan Ratusan Polisi di Bogor Berjaga di 147 Masjid dan Tempat Ngabuburit

Kemudian juga mengetahui karakteristik responden pelanggan RS Lapangan Covid-19 Kota Bogor dan mengetahui proporsi kepuasan pelanggan di rawat inap terhadap pelayanan: Dimensi Mutu yang sudah ditetapkan.



Ada lima dimensi mutu pelayanan yang harus dipenuhi, yakni kecepatan, ketepatan, ketersediaan/keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan. Selain itu, ada empat karakteristik responden, yaitu umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan pekerjaan.

Januari, ada 31 orang yang dirawat inap dan menjadi responden. Hasilnya, 22 orang menyatakan puas (71%) dan 9 orang menyatakan tidak puas (29%). Kesimpulannya, kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di RS Lapangan Covid-19 secara umum belum mencapai target (87,5%), yaitu sebesar 71%.

Baca juga: Keterisian Pasien COVID-19 di RS Lapangan Kota Bogor Terus Menurun

Indikator Sasaran Pelayanan/Dimensi Mutu yang perlu mendapatkan perhatian khusus, yaitu unit Pelayanan Dokter, Pelayanan Gizi, Pelayanan Sarana dan Prasarana.

Sementara di Februari, ada 33 orang yang dirawat inap yang menjadi responden. Hasilnya, 25 orang menyatakan puas (75,8%) dan 8 orang menyatakan tidak puas (24,2%). Kesimpulannya, kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di RS Lapangan Covid-19 secara umum belum mencapai target (87,5%), yaitu sebesar 76%.



Indikator Sasaran Pelayanan/Dimensi Mutu yang perlu mendapatkan perhatian khusus yaitu unit Pelayanan Gizi. Kemudian Maret, ada 32 orang yang dirawat inap yang menjadi responden. Hasilnya, 25 orang menyatakan puas (78,1%) dan 7 orang menyatakan tidak puas (21,9%) Kesimpulannya, kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di RS Lapangan Covid-19 secara umum belum mencapai target (87,5%), yaitu sebesar 78%.

Indikator Sasaran Pelayanan/Dimensi Mutu yang perlu mendapatkan perhatian khusus yaitu unit Pelayanan Gizi. "Kepuasan pasien terhadap pelayanan di RS Lapangan Covid-19 selama tiga bulan operasional selalu mengalami peningkatan," kata Yety Hariyati.

Berdasarkan data rekapitulasi pasien di RS Lapangan Covid-19, Minggu (11/4/2021). Jumlah pasien kumulatif 344 orang, pasien dirawat 7 orang.

Pasien sudah keluar 337 orang terdiri dari sembuh 283 orang, Isolasi mandiri (Isoman) 8 orang, rujuk 33 orang, APS atau pasien pulang atas kemauan sendiri 13 orang dan meninggal 0 orang.
(thm)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top