Ramadhan hingga Idul Fitri, Stok Gas Elpiji di Depok Dijamin Aman dan Harga Tetap

Selasa, 13 April 2021 - 13:20 WIB
loading...
Ramadhan hingga Idul Fitri, Stok Gas Elpiji di Depok Dijamin Aman dan Harga Tetap
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
DEPOK - Hiswana Migas Kota Depok menjamin persediaan gas elpiji aman selama Ramadhan hingga Lebaran. Persediaan gas elpiji yang ada antara lain ukuran 3 kg dan bright gas.

Hiswana Migas Depok menyediakan 1.742.000 tabung untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. "Kami sudah siap 100 persen, dalam menghadapi Ramadhan. Kami pastikan stok elpiji 3 kg, 5,5 kg, 12 kg, pertalite, dan pertamax, aman dari Hiswana Migas Kota Depok," ujar k Wakil Ketua Bidang Elpiji 3 Kg Dewan Pimpinan Cabang Hiswana Migas Kota Depok, Imron Effendi, Selasa (13/4/2021).



Diamenyebutkan, stok pada April tersebut akan dipasarkan khusus wilayah Depok saja. "Biasanya stok normal kami per bulan hanya sekitar 1.600.000, jadi naik seratus dari biasanya,?" katanya.

Imron menambahkan, jika terjadi lonjakan permintaan selama Ramadhan ataupun Hari Raya Idul Fitri, pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok untuk melakukan cross check di lapangan. "Nantinya bisa akan kami tambah lagi apabila memang kurang," ucapnya.



Untuk penambahan barang subsidi sudah ada aturan tertentu. Sehingga pihaknya tidak bisa langsung menambahkan begitu saja. "Kecuali barang non public service obligation (PSO), pasti akan kami banyakin stoknya," tukasnya.

Imron melanjutkan, bagi masyarakat Kota Depok yang ingin mendapatkan gas elpiji 3 kg bisa langsung ke pangkalan gas. "Kami harapkan belinya di pangkalan gas, karena harganya di tahun ini tidak ada kenaikan, yaitu tetap Rp16 ribu di pangkalan gas," imbuhnya.

Menurut dia, kelangkaan tabung gas untuk 3 kg yang terjadi pada tahun sebelumnya dikarenakan banyak warung musiman pada saat Ramadhan. Warung musiman tersebut seperti warga yang biasanya tidak berjualan, kini berjualan takjil sehingga kebutuhan gas meningkat.

"Karena warung musiman itu kami mengantisipasinya dengan menambah jumlah alokasi gas untuk menghadapi Ramadan," kata Imran.

Imran memastikan untuk tabung gas bersubsidi tidak mengalami kenaikan harga. Sebanyak 850 pangkalan gas di Kota Depok menjual gas elpiji 3 kilogram sebesar Rp16.000.

Apabila ditemukan pangkalan menjual gas 3 kilogram tidak sesuai harga yang ditetapkan, Hiswana Migas akan memberikan sanksi. "Sanksinya berupa teguran hingga pemutusan kerja sama dengan kami,"katanya.

Hiswana Migas juga mengimbau kepada pelaku usaha rumah makan atau laundry, agar mempergunakan tabung gas 12 kg, bukan 3 Kg. "Kami Hiswana Migas pernah melakukan sidak dan menemukan pelaku usaha seperti restauran, laundry besar, masih gunakan tabung gas 3 kg," tutupnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2097 seconds (0.1#10.140)