Jaga Pancasila, Pangdam Jaya Bentuk 83 Kampung Pancasila di Jadetabek

Rabu, 07 April 2021 - 18:36 WIB
loading...
Jaga Pancasila, Pangdam Jaya Bentuk 83 Kampung Pancasila di Jadetabek
Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kodam Jaya melaunching program Jayakarta Benteng Pancasila secara virtual di Makodam Jaya, Jakarta Timur, pada Rabu (7/4/2021). Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan menjaga dan memelihara Pancasila sebagai ideologi negara dalam wadah program Jayakarta Benteng Pancasila.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengatakan, Jayakarta Benteng Pancasila merupakan gerakan untuk membangun makna Pancasila di tengah masyarakat melalui berbagai kegiatan di antaranya seperti Kampung Pancasila Jaya. Kegiatan launching Jayakarta Benteng Pancasila diikuti secara virtual oleh 83 Kampung Pancasila Jaya yang terdapat di wilayah Jakarta Raya termasuk Tangerang, Depok dan Bekasi.

Mengacu kepada jumlah Koramil jajaran Kodam Jaya seluruhnya terdiri dari 83 Koramil, dalam satu Koramil terdiri dari satu Kampung Pancasila, sehingga jumlah kampung Pancasila yang berada di wilayah teritorial Kodam Jaya seluruhnya terdapat 83 Kampung Pancasila Jaya.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan menjaga dan memelihara Pancasila sebagai ideologi negara dalam wadah program Jayakarta Benteng Pancasila. Membangun kembali semangat Pancasila di kalangan masyarakat, membuat program online, offline dan kombinasi untuk membangun semangat Pancasila," kata Dudung dalam siaran tertulis yang diterima SINDOnews pada Rabu (7/4/2021).

Disamping itu, lanjut Dudung, program ini juga untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang Pancasila yang tidak diketahui sebelumnya ataupun dilupakan, mengajak masyarakat untuk melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi negara Pancasila dan memperkuat kembali hubungan sesama masyarakat dengan menggunakan Pancasila sebagai pondasinya.

Pancasila merupakan hasil dari sebuah rangkaian proses, yaitu rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh lr. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Kali ini program Jayakarta Benteng Pancasila diimplementasikan dengan dibentuknya Kampung Pancasila Jaya yang merupakan gerakan sosialisasi, edukasi serta pelayanan untuk masyarakat di Kampung-kampung pemukiman dalam rangka memelihara nilai-nilai Pancasila pada aspek kehidupan masyarakat.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2527 seconds (0.1#10.140)