Pandemi Covid-19, TNI Bagikan Makanan Siap Saji dari Dapur Umum

Rabu, 20 Mei 2020 - 16:29 WIB
loading...
Pandemi Covid-19, TNI Bagikan Makanan Siap Saji dari Dapur Umum
TNI dan Polri memasak untuk makanan siap saji di dapur umum. Masakan itu nantinya dibagikan untuk masyarakat terdampak Covi-19. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya 50 Kg beras dimasak oleh para prajurit TNI untuk didistribusikan kepada 300 warga rentan miskin di Jakarta Barat. Pemberian diberikan dengan memasak di dapur umum yang di bangun diJalan RT 008/02, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta barat.

Dandim 0503 Jakarta Barat, Kolonel Kav Valian Wicaksono mengatakan, langkah ini untuk membantu masyarakat yang terdampak seiring Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah pandemi Covid-19. ( )

“Setiap harinya ada sejumlah prajurit yang memasak makanan untuk kebutuhan masyarakat,” kata Valian di Jakarta, Rabu (20/5/2020). ( )

Saat SINDOnews menyambangi tempat itu, sembilan prajurit TNI terlihat sibuk memasak di sebuah tenda. Kuali-kuali dan wajan wajan besar berjejer di tenda tersebut. seorang TNI terlihat tengah mengaduk cabai sebanyak 2 Kg di sebuah wajan besar."Ini nanti cabai untuk bikin ayam goreng," kata Bekangdam Jaya Kodam Jaya, Pelda Kiki Hamdani.

Beberapa prajurit TNI lainnya bahkan ada yang mengulek cabai hingga menggoreng tahu serta menyiapkan kebutuhan lainnya.Mereka mengatakan telah berada di sini sejak sejak Sabtu 16 Mei 2020. Barulah mulai, Senin 18 Mei 2020, mereka memasak makanan siap saji untuk warga yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Sejak Sabtu kami sudah tinggal di sini. Mulai masak Senin kemarin untuk 300 nasi kotak," kata Kiki. ( )

Para anggota TNI itu memang terlihat tinggal di tempat tersebut. Satu tenda disediakan untuk para juru masak tidur dan istirahat. Lauk yang biasa dimasak Kiki ialah ayam, tempe, tahu, sayur dan nasi. Mereka memasak mulai pukul 10.00 sampai 16.00 WIB.

Komandan Dankim Dapur, Letnan Satu CBA Petrus Triyono mengatakan rasa masakan dari para anggota TNI itu memang tidak usah diragukan lagi. Mereka memang sudah terbiasa memasak untuk dapur umum di tengah bencana.

"Satu kelompok ada sembilan orang. Mereka setiap hari bisa olah 25 kg sampai 50 kg beras, 30 kg ayam, dan 2 kg cabai," ujar Petrus ditemui di lokasi.

Olahan bahan makanan itu bisa menjadi 300 nasi kotak untuk warga Jakarta Barat yang membutuhkan. Nantinya selesai diolah makanan itu akan didistribusikan oleh Danramil yang sudah ditunjuk oleh Dandim Jakarta Barat."Nantinya kami akan distribusikan ke rumah-rumah warga bersama Polsek dan Kelurahan setempat," jelas Kapten CPL Eddy Moerdoko Danramil Kebon Jeruk.

Moerdoko mengatakan bahwa setiap kelurahan di Jakarta Barat mendapatkan giliran distribusi makanan siap saji sebanyak 300 kotak nasi.

Seperti, Senin (18/5/2020) mereka mendistribusikan 300 nasi kotak untuk warga yang membutuhkan di Kebon Jeruk. Lalu di hari kedua 300 nasi kotak diberikan kepada warga Sukabumi Utara. "Rencananya di hari ketiga ini 300 nasi kotak akan diberikan kepada warga membutuhkan di Kelapa Dua," ungkapnya.

Distribusi nasi kotak itu menerapkan sistem door to door. Prajurit TNI bersama tiga pilar lainnya berkeliling menuju rumah warga tidak mampu untuk membagikan nasi kotak."Saat ini kami sudah persiapkan bahan makanan untuk satu bulan. Namun jika Pandemi Covid-19 berlanjut kemungkinan dapur umum terus beroperasi," paparnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)