RS Premier Jatinegara Luncurkan Layanan Tele Emergency dan Telestroke

Kamis, 25 Maret 2021 - 13:08 WIB
loading...
RS Premier Jatinegara Luncurkan Layanan Tele Emergency dan Telestroke
Rumah Sakit Premier Jatinegara meluncurkan pelayanan terbaru yaitu Tele Emergency dan Tele Stroke bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun ke-32 Rumah Sakit Premier Jatinegara di Hotel Mulia Senayan, Kamis (25/3/2021). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rumah Sakit Premier Jatinegara meluncurkan pelayanan terbaru yaitu Tele Emergency dan Tele Stroke. Peluncuran layanan baru ini bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun ke-32 Rumah Sakit Premier Jatinegara di Hotel Mulia Senayan, Jakarta , Kamis (25/3/2021).

ā€œLayanan Tele Emergency ini diharapkan dapat memberikan kemudahan akses dan pendampingan bagi masyarakat Indonesia dalam kondisi dan keadaan darurat medis secara cepat dan tepat,ā€ kata CEO Rumah Sakit Premier Jatinegara, dr Susan Ananda, MARS saat pembukaan.

Layanan Tele Emergency, kata dr Susan, memungkinkan pasien untuk dapat berkonsultasi langsung oleh dokter umum gawat darurat maupun spesialis secara on-line. Selain itu juga mendapatkan arahan terhadap langkah-langkah pertolongan pertama yang dapat dilakukan oleh pasien untuk menghindari terjadinya perburukan hingga menunggu layanan ambulans tiba di lokasi jika dibutuhkan.

Sedangkan untuk Layanan Tele Stroke, tambah dr Susan, lebih spesifik menangani kegawatdaruratan stroke yang membutuhkan kecepatan waktu penanganan bagi pemulihan pasien atau yang kita kenal dengan istilah Golden Period. (Baca juga; Satu Lagi Rumah Sakit di Palopo Layani Pasien BPJS Kesehatan )

ā€œKedua layanan Tele Emergency dan Tele Stroke ini kami harapkan dapat memberikan kemudahan akses layanan kesehatan secara cepat dan tepat bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan keselamatan pasien. Di mana hal tersebut selalu menjadi prioritas utama bagi Rumah Sakit Premier Jatinegara,ā€ kata Susan.

Stroke Unit merupakan salah satu fasilitas unggulan, yang juga merupakan salah satu center of excellence dari Rumah Sakit Premier Jatinegara. Layanan yang dikepalai oleh dr.Sukono Djojoatmodjo,Sp.S telah dua kali dianugerahi penghargaan oleh World Stroke Organization sebagai salah satu Rumah Sakit dengan layanan stroke terbaik di Indonesia.

DrSukono enyampaikan bahwa stroke merupakan penyebab kematian dan kecacatan tertinggi. Untuk itu, RS Premier Jatinegara terus melakukan pengembangan terhadap penanganan stroke. Di antaranya, memberikan layanan Tele Stroke sebagai produk yang dihasilkan oleh rumah sakit untuk menuntut pasien mengetahui apakah kegawatdaruratan yang dialami stroke atau bukan. Jika mengalami stroke, maka pasien akan dibimbing agar segera medapatkan perawatan di Instansi Gawat Darurat.

ā€œDi Rumah Sakit Premier Jatinegara Instalasi Gawat Darurat Kami telah bekerja sama dengan Stroke Unit dan ditunjang dengan fasilitas radiologi yang memadai sehingga memiliki kompetensi diagnosis yang sangat kompeten. Selain itu, IGD RS Premier Jatinegara adalah area aman bebas COVID-19 , karena telah diatur terpisah dengan IGD zona Merah ( menerima pasien suspek COVID-19),ā€ kata Susan.

Selain tele ā€“stroke RS Premier Jatinegara juga meluncurkan layanan Tele ā€“ Emergency. Sebagai dokter spesialis bedah dr Sony Wijaya SpB meyakini bahwa layanan ini dapat memberikan banyak manfaat terhadap pengananan gawat darurat pasien. (Baca juga; Pegadaian Kantor Wilayah IX Jakarta 2 Jalin Sinergi Bisnis dengan Mustika Ratu )

Sony mengatakan, pada banyak kasus pasien mengalami perburukan akibat kesalahan perawatan atau penundaan penanganan sebelum mendapatkan perawatan di rumah sakit, karena berbagai hal. Jadi layanan ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi pasien yang masih takut ke RS, dan sebagai upaya pencegahan terhadap kesalahan penanganan atau perawatan yang tertunda tersebut.

Rumah Sakit Premier Jatinegara merupakan bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia yang berdiri pada tanggal 25 Maret 1989 dan berlokasi di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Rumah Sakit Premier Jatinegara memiliki layangan unggulan, di antaranya Neuro Center ā€“ Stroke Unit & Neuro Surgery, Cardiac Center, Digestive Center, dan Urology Center.

Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia merupakan bagian dari Ramsay Health Care Group Australia yang memiliki lebih dari 220 rumah sakit yang tersebar di Australia, Asia dan Eropa dan Sime Darby Malaysia. Di Indonesia Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia memiliki tiga unit rumah sakit yaitu, RS Premier Jatinegara, RS Premier Surabaya, dan RS Premier Bintaro.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)