Pemkab Tangerang Targetkan Pemberian Vaksin untuk 10 Ribu per Hari

Jum'at, 19 Maret 2021 - 07:22 WIB
loading...
Pemkab Tangerang Targetkan Pemberian Vaksin untuk 10 Ribu per Hari
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar menyaksikan pemberian vaksin Covid-19 untuk lansia di Unika Atma Jaya Kampus 3 BSD.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menargetkan melakukan vaksinasi massal sebanyak 10.000 orang per hari. Kemarin, Pemkab Tangerang telah memulai pemberian vaksin Covid-19 untuk lanjut usia (lansia).

Pemberian vaksin untuk lansia ini digelar di Unika Atma Jaya Kampus 3 BSD. Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, prioritas vaksinasi untuk lansia karena kelompok tersebut rentan terpapar virus corona.“Di kabupaten Tangerang sampai hari ini sudah bisa melakukan 5.000 vaksinasi per hari. Harapan saya nantinya Pemkab Tangerang bisa melayani vaksinasi hingga 10.000 orang per hari,” kata Zaki dalam siaran tertulis yang diterima SINDOnews pada Jumat (19/3/2021).

Untuk target vaksinasi 10.000 orang per hari, Zaki berencana menggerakkan seluruh jaringan kesehatan yang dimiliki Kabupaten Tangerang seperti Puskesmas, RSUD dan RS Swasta. "Semua fasilitas kesehatan kita kerahkan untuk menyukseskan vaksinasi," ujarnya.

Dia melanjutkan, Kabupaten Tangerang siap menerima 1 juta dosis vaksin Covid-19, dari Kemenkes. Hal itu dikarenakan Kabupaten Tangerang sudah memiliki fasilitas kesehatan yang menunjang seperti pusat vaksin 3in1, puskesmas dan rumah sakit pemerintah maupun swasta. Baca: Hari Ini, Bioskop di Kota Bogor Kembali Beroperasi

Menurut dia, dari empat juta warga Kabupaten Tangerang, yang diproritaskan untuk mendapat vaskin kurang lebih 300.000 orang mencangkup lansia, tenaga kesehatan, pelayanan publik, pedagang pasar dan sopir angkutan. Saat ini Pemkab Tangerang baru menerima 35.000 dosis vaksin, dan 33.000 di antaranya telah digunakan.

Zaki mengungkapkan tantangan yang dihadapi yaitu masih terbatasnya kuota vaksin covid-19. Jumlah vaksin yang diterima Kabupaten Tangerang masih kurang dari yang dibutuhkan. Untuk itu butuh koordinasi dengan kementerian dan dinas kesehatan Provinsi Banten. “Saya berharap setidaknya Kabupaten Tangerang sudah mendapatkan 300.000 vaksin yang akan didistribusikan sebelum libur lebaran berlangsung,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Desiriana Dinardianti menambahkan, vaksinasi untuk warga akan dilaksanakan selama lima hari dengan total sasaran sebanyak 3.000 dosis. Terdiri atas 2.000 lansia dan 1.000 civitas akademika yaitu dosen dan mahasiswa.""Persyaratan lansia yang ingin divaksinasi yaitu berusia di atas 60 tahun. Adapun pendaftaran vaksinasi di Kampus Atmajaya 3 BSD yang ditangani oleh Puskesmas Cisauk dan Pagedangan," ujarnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)