Pandemi Covid-19, Pedagang Pasar Induk Cibitung Minta Revitalisasi Ditunda

Rabu, 10 Maret 2021 - 14:08 WIB
loading...
Pandemi Covid-19, Pedagang Pasar Induk Cibitung Minta Revitalisasi Ditunda
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi diminta tidak tergesa-gesa mengambil keputusan untuk merevitalisasi Pasar Induk Cibitung di tengah pandemi Covid-19 .Para pedagang yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pedagang Pasar Induk Cibitung beralasan pandemi Covid-19 berimbas pada sektor perekonomian.Mereka berharap pemerintahdapat meninjau kembali agar proses revitalisasi dapat ditunda sementara.

“Jadi kondisi kita sekarang untuk bertahan hidup saja sudah susah sekali. Harapannya agar pemerintah meninjau ulang lagi. Kami tidak menolak, tetapi berharap menunda sampai Covid-19 mereda,” kata Ketua Forum Komunikasi Pedagang Pasar Induk Cibitung, Juhaeri di Bekasi, Rabu (10/3/2021). Apalagi,terjadinyaproses intimidasi kepada para pedagang dan pemilik kios/los di Pasar Induk Cibitung untuk membayar uang muka kios/los baru terus berlangsung.Pedagang diminta membayar down payment atau uang muka sebesar 10 persen atau sekitar Rp12,6 juta untuk mendapatkan nomor kios/los ukuran 2×3 meter persegi dibanderol dengan harga Rp126 juta.

Kemudian membayar 30 persen selama berada di penampungan dan sisanya, 60 persen dapat dilunasi atau dicicil setelah bangunan baru ditempati.Skema serupa juga diterapkan untuk kios ukuran 3×4 meter persegi seharga Rp270 juta. “Tentu saja ini meresahkan dan mencemaskan para pedagang pasar dan pemilik kios/los di Pasar Induk Cibitung,”ungkapnya.

Sementara itu, KetuaTimPenasihat Hukum Forum Komunikasi Pedagang Pasar Induk Cibitung, Hersona Bangun mengatakan, hingga kini pedagang masih menunggu realiasasi hasil pertemuan dengan Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi beberapa waktu lalu.Sebab, mayoritas pedagang pasar Cibitung merasa terindimidasi.

“Nah kami berharap semua pihakterkait sementara waktu untuk bisa menahan diri, sampai nanti adanya kepastian terkait rencana revitalisasi ini, tentu harapan kami semua stakeholder mulai memikirkan formulasi tindakandan langkah untuk duduk bersama dalam mencari solusi yang terbaik untuk semua pihak, dan yang pasti bisa mengakomudir hak-hak para pedagang,” katanya.

Dia menegaskan, proses revitalisasi Pasar Induk Cibitung baru dapat dilakukan setelah adanya penghapusan aset daerah melalui proses lelang aset daerah dengan dua tahap. “Bahwa proses revitalisasi belum dapat dilakukan karena belum dilakukan penghapusan aset. Selain itu masih ada persoalan perizinan serta adanya pungutan liar yang meresahkan para pedagang,” tegasnya.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi, Mustaqim Marzuki mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera turun ke Pasar Induk Cibitung untuk menelusuri laporan atau aduan yang disampaikan perwakilan dari Forum Komunikasi Pedagang Pasar Induk Cibitungkepada intitusinya beberapa waktu lalu.

“Sesuai arahan dari pimpinan Komisi II, nanti kami akan telusuri dulu laporan atau aduan tersebut. Bagaimanapun, kami akan menampung aspirasi kawan-kawan kita dari Forum Komunikasi Pedagang Pasar Induk Cibitung,” katanya.

Untuk itu, dia meminta pemerintah untuk mencari solusi terkait revitalisasi ini. UntukDiketahui, Pemerintah Kabupaten Bekasi telah melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Revitalisasi dan Pengelolaan Pasar Induk Cibitung dengan PT Citra Prasasti Konsorindo.Rencananya, revitalisasi pasar induk terbesar di Kabupaten Bekasi ini akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Revitalisasi Pasar Induk Cibitung ditargetkan akan selesai dalam jangka waktu 18 bulan dengan menghabiskan biaya sebesar Rp199 miliar.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)