Mengenal Riwayat Jakarta Selatan, Kota Paling Kaya di Wilayah Jakarta

Minggu, 07 Maret 2021 - 09:07 WIB
loading...
A A A
Pada Desember 1996 dibuat lagi perencanaan pembangunan Kantor Walikotamadya sebagai perbaikan dari rencana perluasan sebelumnya dengan lokasi tetap di Jalan Tronojoyo No.1. Berdasarkan hasil paparan ketika itu di depan Walikotamadya Pardjoko diperoleh pengarahan baru, antara lain:

-Kantor Walikotamadya harus mempunyai ciri-ciri khas sebagai kantor Walikotamadya.
-Identitas seperti City Hall, entrance, dan lobby yang besar untuk menarik perhatian masyarakat harus tersedia.
-Keberadaan Kantor Walikotamadya jangan sampai tertinggal dari bangunan sekitarnya.

Era Tahun 2015
Jakarta Selatan yang memiliki 10 Kecamatan dan 65 Kelurahan ini terus berbenah, baik dari segi pelayanan publik maupun sistem Informasi yang berbasiskan Smart City Jakarta, baik dari layanan situs resmi Pemkot Administrasi Kota Jakarta Selatan, selatan.jakarta.go.id maupun layanan helpdesk corner melalui helpdeskselatan.jakarta.go.id.

Geografis
Jakarta Selatan terletak pada 106’22’42 Bujur Timur (BT) sampai dengan 106’58’18 BT, dan 5’19’12 Lintang Selatan (LS). Luas Wilayah sesuai dengan Keputusan Gubernur KDKI Nomor 1815 tahun 1989 adalah 145,37 km2 atau 22,41% dari luas DKI Jakarta. Terbagi menjadi 10 kecamatan dan 65 kelurahan, berada di belahan selatan banjir kanal dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:

Sebelah Utara : Banjir Kanal Jl. Jenderal Sudirman Kecamatan Tanah Abang, Jalan Kebayoran Lama dan Kebun Jeruk
Sebelah Timur : Kali Ciliwung
Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Kota Administrasi Depok
Sebelah Barat : Berbatasan dengan Kecamatan Ciledug, Kota Administrasi Tangerang

Topografi
Topografi Wilayah Jakarta Selatan pada umumnya dapat dikategorikan sebagai daerah perbukitan rendah dengan tingkat kemiringan 0,25%. Ketinggian tanah rata-rata mencapai 5-50 meter di atas permukaan laut. Pada wilayah bagian selatan, banjir kanal relatif merupakan daerah perbukitan jika dibandingkan dengan wilayah bagian utara.
Iklim

Jakarta Selatan beriklim panas dengan suhu rata-rata pertahun 27°C dengan tingkat kelembapan berkisar antara 80-90%. Arah angin dipengaruhi angin Muson Barat terutama pada bulan Mei-Oktober.

Sesuai SK Gubernur KDKI Jakarta Nomor 1422/1997, lambang Kotamadya Jakarta Selatan berbentuk perisai lima didalamnya terlukis pohon Rambutan dan buah Rambutan Rapiah (Flora) serta burung Gelatik (Fauna) yang mengandung arti alam lingkungan yang hijau dan teduh yang melambangkan persatuan, kekuatan dan ketenangan serta kebersamaan.

Sumber: https://selatan.jakarta.go.id
(thm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2136 seconds (0.1#10.140)