8.000 Truk Tambang Lalu Lalang Setiap Hari, Pemkab Bogor Siapkan Jalan Tol Khusus

Selasa, 02 Maret 2021 - 22:01 WIB
loading...
8.000 Truk Tambang Lalu Lalang Setiap Hari,  Pemkab Bogor Siapkan Jalan Tol Khusus
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama Pemerintah Pusat dan Provinsi Jabar berkolaborasi dalam mewujudukan rencana pembangunan jalan tol khusus tambang Bogor-Serpong via Parung dan Sentul Selatan serta Karawang Barat, sepanjang enam kilometer.

Hal itu terungkap dalam rapat persiapan pembangunan jalan tol khusus tambang di Ruang Rapat Wakil Bupati Bogor, Selasa (2/3/2021). Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudi menyebutkan, rencana pembangunan jalan tol khusus tambang Bogor-Serpong via Parung dan Sentul Selatan serta Karawang Barat sepanjang enam kilometer (JORR 3).



"Itu dilakukan sebagai upaya mengatasi permasalahan adanya kecelakaan dan kerusakan di jalan publik, yang diakibatkan kendaraan tambang," katanya.

Menurutnya, pembangunan tol itu sangat krusial. Sebab dengan adanya jalan tol khusus tambang, nantinya kendaraan tambang tidak akan lagi bersinggungan dengan pemukiman.

"Tidak bersatu lagi dengan jalan publik yang menyebabkan kecelakaan atau jalan rusak," ujarnya.

Baca Juga: BNPB Sebut Tambang Ilegal Penyebab Banjir Bogor dan Lebak

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Kabupaten Bogor, AJat Rochmat Jatnika Ajat menyebutkan, ada sekitar 8.000 truk tambang per hari yang melewati jalan publik untuk menyuplai hasil tambang ke Jakarta, Tangerang, dan Pulau Jawa.

Tingginya mobilitas pertambangan di wilayah Kabupaten Bogor karena kualitas hasil tambang dari Cigudeg, Rumpin, dan Parung Panjang, kualitas nomor satu.

"Sehingga 80 persen suplai pembangunan jalan di tersebut disuplai dari hasil tambang Kabupaten Bogor," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)