Viral Warga Lepas Ribuan Lele di Danau Sunter, Warganet: Untuk Buang Sial

Senin, 01 Maret 2021 - 02:15 WIB
loading...
Viral Warga Lepas Ribuan Lele di Danau Sunter, Warganet: Untuk Buang Sial
Sebuah video beredar di media sosial, di mana sejumlah warga melepas ribuan ekor ikan lele ke Danau Sunter, Jakarta Utara, pada Minggu (28/2/2021). Foto/Twitter
A A A
JAKARTA - Sebuah video beredar sejumlah warga melepas ribuan ekor ikan lele ke Danau Sunter, Jakarta Utara, pada Minggu (28/2/2021). Video tersebut beredar di sejumlah akun media sosial baik twitter maupun instagram.



"Ini merupakan tradisi masyarakat Tionghoa saat perayaan tahun baru Imlek, pelepasan ikan atau burung hari raya Imlek dipercayai dapat memperpanjang umur dan membuang sial. Ritus ini dimaksud untuk meminta keselamatan dalam menyambut tahun baru," tulis warganet @ign_sun2000.

Bahkan ada juga warganet yang memberitahu istilah melepas ikan atau burung itu dengan sebutan Fang Shen. "Ini nama nya Fang shen," kata @ronal_limanto.

Warganet lainnya mendoakan agar orang yang menebar ikan tersebut mendapat keberkahan. "Semoga berkah buat kokoh dan encik nya," tulis @imam.wahyudi.

Namun ada juga yang skeptis dan mempertanyakan pelepasan ribuan ikan tersebut dapat mengganggu ekosistem danau. "Apakah tidak merusak ekosistem yang ada? Mengingat lele ikan yang omnivora," kata @manier_renal.

"Alam akan mendapatkan keseimbangannya sendiri, kecuali yang diceburin ikan arapaima ribuan ekor mungkin bisa merusak ekosistemnya," balas @darw1n_gigs.

Berdasarkan pantauan dari video tersebut terlihat warga yang sebagian besar mengenakan kaos berkerah merah pria dan wanita paruh baya itu bersemangat dalam tempat plastik melepas ribuan ikan lele.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2488 seconds (0.1#10.140)