Viral Warga Lepas Ribuan Lele di Danau Sunter, Warganet: Untuk Buang Sial

loading...
Viral Warga Lepas Ribuan Lele di Danau Sunter, Warganet: Untuk Buang Sial
Sebuah video beredar di media sosial, di mana sejumlah warga melepas ribuan ekor ikan lele ke Danau Sunter, Jakarta Utara, pada Minggu (28/2/2021). Foto/Twitter
JAKARTA - Sebuah video beredar sejumlah warga melepas ribuan ekor ikan lele ke Danau Sunter, Jakarta Utara, pada Minggu (28/2/2021). Video tersebut beredar di sejumlah akun media sosial baik twitter maupun instagram.

Baca juga: Peringati Tahun Baru Imlek 2021, Ini Harapan Jokowi di Tahun Kerbau Logam

Di antaranya akun @peristiwa_sekitar_kita mengunggah video tersebut dengan judul RIBUAN IKAN LELE DI DANAU SUNTER dengan keterangan video:

"Sejumlah warga yang belum diketahui dari mana ini, Minggu petang tadi (28/02/21) menebar ribuan ikan lele ke danau Sunter Jakarta Utara. Ribuan ikan lele ini, boleh dipancing oleh warga sekitar, namun tidak boleh dijaring," tulisnya.

Baca juga: Ketua Imlek Nasional Sebut Kerbau Logam Tahunnya Presiden Jokowi



Menanggapi postingan tersebut, banyak warganet yang menanggapi inisiatif warga tersebut adalah hal positif. Bahkan, tak sedikit warganet yang memberitahu bahwa momentum tersebut adalah sebuah tradisi masyarkat Tionghoa setiap merayakan Imlek.

Baca juga: Libur Imlek Lancar Dinilai karena Semua Lini Petugas Bekerja Baik

"Ini merupakan tradisi masyarakat Tionghoa saat perayaan tahun baru Imlek, pelepasan ikan atau burung hari raya Imlek dipercayai dapat memperpanjang umur dan membuang sial. Ritus ini dimaksud untuk meminta keselamatan dalam menyambut tahun baru," tulis warganet @ign_sun2000.

Bahkan ada juga warganet yang memberitahu istilah melepas ikan atau burung itu dengan sebutan Fang Shen. "Ini nama nya Fang shen," kata @ronal_limanto.

Warganet lainnya mendoakan agar orang yang menebar ikan tersebut mendapat keberkahan. "Semoga berkah buat kokoh dan encik nya," tulis @imam.wahyudi.



Namun ada juga yang skeptis dan mempertanyakan pelepasan ribuan ikan tersebut dapat mengganggu ekosistem danau. "Apakah tidak merusak ekosistem yang ada? Mengingat lele ikan yang omnivora," kata @manier_renal.

"Alam akan mendapatkan keseimbangannya sendiri, kecuali yang diceburin ikan arapaima ribuan ekor mungkin bisa merusak ekosistemnya," balas @darw1n_gigs.

Berdasarkan pantauan dari video tersebut terlihat warga yang sebagian besar mengenakan kaos berkerah merah pria dan wanita paruh baya itu bersemangat dalam tempat plastik melepas ribuan ikan lele.
(maf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top