Naik Motor, Bripka Afit 'Tembaki' Rumah Warga di Gang Sempit

Minggu, 21 Februari 2021 - 22:41 WIB
loading...
Naik Motor, Bripka Afit Tembaki Rumah Warga di Gang Sempit
Anggota Bagsumda Polres Metro Jakarta Pusat Bripka Afit Oktaviansyah memodifikasi sepeda motornya menjadi penyemprotan disinfektan. FOTO/SINDOnews/KOMARUDDIN BAGJA ARJAWINANGUN
A A A
JAKARTA - Terinspirasi dari mobil water cannon dan semakin merajalelanya COVID-19, anggota Bagsumda Polres Metro Jakarta Pusat Bripka Afit Oktaviansyah membuat terobosan. Ia memodifikasi sepeda motornya menjadi penyemprot disinfektan .

Afit menuturkan, motor miliknya itu ia sudah operasikan sejak awal pandemi, tepatnya Maret 2020. Menurutnya, ia awalnya melihat water cannon dan mobil pemadam kebakaran yang bisa bergerak ke mana saja untuk membersihkan melalui semprotan air. Karena sebagian besar wilayah Jakarta adalah gang kecil, ia lantas memodifikasi motornya agar bisa masuk ke mana saja.

"Kami memang fokus di gang kecil karena memang di sana banyak pemukiman warga," kata pria yang tinggal di kawasan Jakarta Timur ini.

Baca juga: Disinfektan dan Hand Sanitizer Ini Diklaim Mampu Bunuh Virus Penyebab Covid-19

Naik Motor, Bripka Afit 'Tembaki' Rumah Warga di Gang Sempit


Afit menambahkan, sepeda motornya dimodifikasi dengan menambah mesin air dc, listrik aki 12 volt disambung ke aki motor. Lalu, untuk cairan ada disinfektan dicampur pewangi.

"Prosesnya dua minggu. Pembuatan modifikasi motor ini berlangsung seminggu. Karena alat-alatnya banyak yang dipesan online," kata Afit.

Salah satu wilayah yang menjadi sasaran Afit yakni RW 06, Kelurahan Karanganyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Dalam melakukan aksinya, Afit selalu menggunakan alat pelindung diri dan kacamata untuk menghindari adanya virus yang masuk.

Baca juga: MNC Peduli dan MNC Land Berikan Cairan dan Penyemprotan Disinfektan untuk Warga Watesjaya Kabupaten Bogor

"Ini sesuai program kerja pak Kapolri dan Kapolda agar anggota Polri untuk kerja di luar tugas pokok sehari-hari. Ini jadi motivasi kami untuk berinovasi," kata Afit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)