9.834 Penumpang KA Jarak Jauh Gunakan Layanan GeNose C19

Jum'at, 12 Februari 2021 - 01:01 WIB
loading...
9.834 Penumpang KA Jarak Jauh Gunakan Layanan GeNose C19
Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, layanan GeNose C19 untuk pemeriksaan deteksi dini COVID-19 di Stasiun Pasar Senen berlangsung kondusif. SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun
A A A
JAKARTA - Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, terkait layanan GeNose C19 untuk pemeriksaan deteksi dini COVID-19 di Stasiun Pasar Senen sejak 3 Februari 2021 hingga kini masih berlangsung kondusif.

"Tercatat sejak 3 sampai 10 Februari 2021 sekitar 9.834 calon penumpang menggunakan layanan GeNose di Stasiun Pasar Senen untuk melengkapi persyaratan berkas pada perjalanan KA Jarak Jauh dari area Daop 1 Jakarta. Untuk hari ini pada 11 Feb 2021, berdasarkan data update pukul 12.00 WIB terdapat sekitar 1.200 calon penumpang menggunakan layanan GeNose di Stasiun," kata Eva kepada wartawan, Kamis (11/2/2021).

Agar layanan GeNose di Stasiun Pasar Senen dapat berjalan dengan baik, jumlah perangkat telah ditambah sebanyak 4 unit. Jadi untuk saat ini layanan GeNose beroperasi dengan menggunakan 10 perangkat. (Baca juga; Murah dan Terjangkau, GeNose Dinilai Tidak Membebani Penumpang )

PT KAI Daop 1 Jakarta juga telah melakukan pengaturan pada alur penumpang di layanan GeNose dan Rapid. Jika terjadi kepadatan jarak fisik tetap terjaga dan protokol pencegahan COVID 19 diterapkap dengan baik. (Baca juga; Yeay! Wira-wiri Naik Bus Sudah Bisa Tes GeNose )

Pada layanan GeNose, area terbagi menjadi 3 zona untuk memisahkan sejumlah aktivitas di area tersebut. Adapun zona 1 digunakan sebagai area untuk aktivitas pendaftaran, zona 2 pengambilan sampel dan pembacaan hasil, serta zona 3 dikhususkan untuk area tunggu pengambilan hasil dalam bentuk berkas.

Sejumlah upaya tersebut dilakukan agar protokol pencegahan COVID-19 tetap berjalan baik di Stasiun. Terkait protokol kesehatan di masa libur panjang keagamaan, calon penumpang harus memenuhi persyaratan sebelum melakukan perjalanan KA, di antaranya; menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (RT-PCR/Rapid Antigen/GeNose C19) yang diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Selain itu calon penumpang anak berusia di bawah 5 tahun tidak diwajibkan melakukan tes RT-PCR/ rapid tes antigen/ GeNose tes untuk syarat naik KA JJ. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Satgas No. 7 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 20 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian pada masa Pandemi COVID-19.

Selain itu, calon penumpang dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, menggunakan masker pribadi dan mengenakan pelindung wajah (faceshield) yang disediakan oleh KAI, Mengikuti ketentuan penjagaan jarak fisik selama di stasiun dan didalam rangkaian KA.

"Serta diimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, selalu rutin membersihkan tangan dengan air dan sabun atau cairan antiseptik," ungkap Eva. (Baca juga; Alat GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen Ditambah 4 Unit )

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)