Selain Bandeng, Menu Utama Ini Spesial dan Bisa Dibuat Sendiri untuk Perayaan Imlek

Rabu, 10 Februari 2021 - 23:15 WIB
loading...
Selain Bandeng, Menu Utama Ini Spesial dan Bisa Dibuat Sendiri untuk Perayaan Imlek
Wakil Ketum Indonesia Chef Association Handry Wahyu dan President Director RB Electronics Jenny Widjaja memeragakan cara membuat mie di RB Shop, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (10/2/2021). Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Masyarakat Tionghoa sebentar lagi akan merayakan Tahun Baru Imlek . Pada umumnya Imlek selalu dimeriahkan dengan berbagai menu atau makanan spesial yang dihidangkan untuk jamuan makan keluarga.

Menu apa yang paling spesial dalam perayaan nanti? Wakil Ketua Umum Indonesia Chef Association Handry Wahyu mengatakan, makanan utama yang paling spesial dibuat sendiri adalah mie . "Di tren China makanan yang paling utama adalah mie. Kalau ulang tahun namanya mie. Ulang tahun sementara untuk Imlek namanya Ya Sheng di mana dalamnya ada mie, sayuran, dan sea food mentah," ujar Handry, Rabu (10/2/2021). Baca juga: Jelang Libur Imlek 2021, Anies Minta Warga Jakarta Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

Mengapa mie menjadi menu utama dan andalan? Menurut dia, mie memiliki tekstur yang panjang di mana memiliki filosofi panjang umur, rejeki dan segala macam. "Jadi kalau orang China itu ada makna di balik sebuah makanan. Sama seperti dodol, di mana makanan lengket yang berarti rejekinya juga akan lengket. Semua makanan manis karena biar hidup jadi manis," tutur Handry.

Untuk itu, menjelang Imlek biasanya pesanan mie akan meningkat drastis di pasar. Padahal, mie yang aman dan sehat sudah bisa dibuat sendiri di rumah. "Mie di pasar banyak, tapi saat ini mie bisa kita buat sendiri dengan alat pembuat mie dan mudah dibeli. Intinya kita yang tahu apa kandungan (mie) yang sehat, aman dan kita buat sendiri," ujar Ketua Ahli Kuliner Indonesia ini.

Mesin Pembuat Mie Rumahan
Membuat mie sendiri di masa pandemi Covid-19 memang menjadi salah satu cara yang paling aman dan ampuh untuk dikonsumsi sendiri sekaligus menjaga kesehatan keluarga di rumah.

President Director RB Electronics Jenny Widjaja mengatakan, makanan yang paling digemari masyarakat dan yang paling murah serta mudah dibuat saat ini adalah makanan olahan mie. Baca juga: Begini Rekayasa Lalu Lintas yang Dilakukan Ditlantas Polda Metro saat Liburan Imlek

"Yang paling gampang dan mudah saat acara keluarga adalah mie yang justru penggemarnya saat ini banyak," ujar Jenny di RB Shop, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Di tengah perkembangan teknologi tentu saja banyak alat rumah tangga yang mempermudah masyarakat dalam menikmati makanan favoritnya seperti mie. Seperti mesin pembuat mie yang diciptakan RB Electronics.

Dia menjelaskan ada tiga jenis mesin yang diciptakan seperti RB Noodle Pro RN-1500, RB Noodle RN-88, RB Noodle RN-99. "Untuk RB Noodle Pro mesin ini bisa membuat mie mentah sebanyak 60-80 porsi dalam satu jam, ini biasanya untuk industri UMKM. Sementara RN-88 dan RN-99 bisa 8-10 mangkok untuk rumahan," katanya.

"Pakai alat ini bikin mie tanpa bahan pengawet, hanya menggunakan tepung, air, dan telur. Bisa juga ditambah buah atau sayur, lebih sehat, warnanya pun menarik," sambungnya.

Dengan alat pembuat mie rumah tangga ini sangat membantu masyarakat hendak beracara besar maupun membuka peluang usaha. "Kita menyasarnya memang mulai kalangan atas hingga kalangan rumahan. Dengan pembuat mie ini membuat masyarakat tetap survive di tengah pandemi," ucap Jenny.

Adapun untuk harga RB Noodle S Pro 10 dibanderol Rp22,5 juta. RN-88 juga menawarkan mesin pembuat mie dengan harga Rp2,9 jutaan dan RB Noodle RN-88 sebesar Rp1.980.000.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)