Antisipasi Peredaran Surat Test Swab Palsu, Polda Metro Gencarkan Patroli Siber

Selasa, 26 Januari 2021 - 07:18 WIB
loading...
Antisipasi Peredaran Surat Test Swab Palsu, Polda Metro Gencarkan Patroli Siber
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mengantisipasi banyaknya peredaran test swab dan PCR palsu, Polda Metro Jaya melakukan patroli siber yang melibatan seluruh satuan kerja guna mengantisipasi klaster pesawat karena beredarnya surat tes palsu. Hal demikian disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus.

“Kita takutkan akan muncul klaster pesawat karena kelakuan para oknum yang menjual surat palsu,” kata Yusri kepada wartawan di Jakarta, Senin 25 Januari 2021.

Dia menjelaskan, dengan memakai surat palsu tanpa dites, penumpang yang sudah terjangkit dapat menularkan vius itu ke orang lain. Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat mengatakan, pihaknya juga langsung membentuk tim dari seluruh satuan kerja untuk ikut dalam patroli cyber guna menangkap para pemalsu surat tes swab maupun PCR.

“Kita giatkan patroli cyber, pastinya akan kita tindak tegas mereka,” pungkasnya.

Menurut Tubagus, apa yang dilakukan oleh para oknum tersebut adalah lah satu hal yang membahayakan mengingat negara sedang memerangi penyebaran virus Corona.

“Kalau mereka memalsukan surat maka hal itu bisa saja menyebarkan virus karena mereka bepergian tanpa harus di tes,” ujarnya.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya kembali mengungkap kasus pemalsuan surat hasil pengecekan virus corona palsu. Dalam kasus terbaru ini, polisi berhasil menangkap delapan orang tersangka dan satu diantaranya masih di bawah umur.

Para tersangka memiliki peran yang berbeda-beda. Perannya mulai dari pembuat surat, penjual hingga pengguna surat tersebut.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)