Alat PCR Labkesda Rusak, Layanan Swab Test Gratis di Tangsel Dihentikan Sementara

loading...
Alat PCR Labkesda Rusak, Layanan Swab Test Gratis di Tangsel Dihentikan Sementara
Layanan swab tes gratis di Kota Tangsel dihentikan hingga batas waktu yang belum ditentukan.Foto/SINDOnews/Hasan Kurniawan
TANGERANG SELATAN - Layanan swab test gratis di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dihentikan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Lantaran, terjadi kerusakan pada alat pemeriksaan sampel PCR Covid-19 Labkesda.

Mulai minggu ini, layanan swab gratis di puskesmas bagi warga yang terinveksi virus Covid-19 dihentikan sementara. Penghentian itu, tertuang dalam surat pemberitahuan dari UPT Labkesda Tangsel yang berisi bahwa, pihaknya sedang melakukan maintenence alat PCR Sars Cov-2 dan mulai hari ini tidak menerima sampel Covid-19.

"Mulai 20 Januari 2021, tidak menerima sampel Covid-19, dikarenakan alat PCR Sars Cov-2 sedang maintenence sampai dengan batas waktu tidak ditentukan," tulis surat pemberitahuan itu, dikutip Rabu (20/1/2021). Surat itu ditandatangani Kepala Labkesda Tangsel, Riki Hermawan. Baca: TPU Tegal Alur Penuh, Jenazah Covid-19 Dimakamkan ke TPU Serengseng Sawah

Riki membenarkan adanya informasi itu dan memohon maaf atas terganggunya pelayanan tersebut."Pagi pak, terkait maintenence PCR Labkesda Tangsel, kami sedang melakukan general clening menjaga keselamatan petugas dan sampel, pengecekan alat-alat, dan sedang melakukan kalibrasi rutin," kata Riki kepada SINDOnews.



Sementara untuk sampel Covid-19 yang sudah masuk beberapa hari sebelumnya, akan tetap diproses dan tidak sia-sia. "Untuk menjaga kualitas pemeriksaan sampel, sampel sementara ini kami kirim ke BBTKL dan Mikro UI, Litbangkes dan Labkesda Provinsi Pak. Mohon dimaklum sekali ya Pak," pungkasnya.
(hab)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top