Pekan Depan Vaksin Covid-19 di Kabupaten Bekasi Datang

loading...
Pekan Depan Vaksin Covid-19 di Kabupaten Bekasi Datang
Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi memastikan kedatangan vaksin Covid-19 pekan depan.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
BEKASI - Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi memastikan kedatangan vaksin Covid-19 pekan depan. Dengan demikian, vaksinasi mulai dapat digelar lebih cepat dibanding jadwal semula yakni pada akhir bulan ini.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah mengatakan, belasan ribu vaksin bakal dikirim ke Kabupaten Bekasi sekitar tanggal 23 atau 25 Januari 2021 mendatang. Setelah datang, vaksin akan disimpan sambil menunggu vaksinasi siap digelar.

"Tapi tidak langsung digunakan. Setelah persiapan, paling lambat awal Februari vaksinasi bisa dilakukan," kata Alamsyah kepada wartawan Rabu (20/1/2021). Baca: Kabupaten Bekasi Tambah Ruang ICU Khusus Pasien COVID-19

Kepastian ini menjadi kabar baik bagi belasan ribu tenaga kesehatan yang menjadi “pasien” pertama vaksin di Kabupaten Bekasi. Sebelumnya, para tenaga kesehatan ini harus bersabar terlebih dahulu karena vaksinasi di Kabupaten Bekasi yang semula dijadwalkan bersamaan dengan daerah lainnya urung digelar. Soalnya vaksin tak kunjung dikirim.



Rencananya ada 12.234 tenaga medis yang bakal divaksin dan sudah disetujui pemerintah pusat melalui Pemprov Jawa Barat. Meski demikian, Alamsyah belum memastikan jumlah vaksin yang akan datang pekan depan. Nantinya setelah vaksin datang, pihaknya bakal menyusun jadwal vaksinasi. Rencananya vaksin akan diberikan pertama kali di Puskesmas Cikarang.

"Selanjutnya dilakukan di lokasi-lokasi lain yang sudah disiapkan," ucapnya. Sebanyak 91 titik lokasi vaksinasi disiapkan oleh Pemkab Bekasi sebagai tempat pelaksanaan penyuntikan vaksin. Lokasi tersebut di antaranya 46 rumah sakit, 44 pusat kesehatan masyarakat, dan satu klinik yang tersebar di 23 kecamatan.
(hab)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top