Kasihan Kabupaten Bekasi Belum Terima Vaksin Corona

Jum'at, 15 Januari 2021 - 14:02 WIB
loading...
Kasihan Kabupaten Bekasi Belum Terima Vaksin Corona
Pemkab Bekasi mempertanyakan alokasi vaksin Covid-19 untuk wilayahnya. Foto: Dok SINDOnews
A A A
BEKASI - Setelah Kota Bekasi melakukan vaksinasi tahap pertama pada hari ini, Jumat (15/1/2021), Pemkab Bekasi mempertanyakan alokasi vaksin Corona atau Covid-19 untuk wilayahnya. Sebagai daerah zona merah, pemerintah pusat harusnya turut menyertakan wilayahnya dalam vaksinasi serentak tahap pertama.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmadja mempertanyakan kenapa wilayahnya tidak mendapatkan alokasi vaksin pada tahap pertama. "Kami minta (vaksin) diutamakan untuk Kabupaten Bekasi. Dinas Kesehatan sudah saya minta untuk berkoordinasi dengan pusat. Saya sendiri siap jika harus lebih dahulu divaksin," ujarnya, Jumat (15/1/2021). Baca juga: EUA Vaksin Corona Dirilis, Pemerintah Perlu Yakinkan Masyarakat

Kabupaten Bekasi belum menerima pendistribusian vaksin gelombang pertama. Padahal, Kabupaten Bekasi masuk kawasan prioritas vaksinasi Bodebek dan Bandung Raya tahap pertama. Namun, dari wilayah yang diprioritaskan hanya Kabupaten Bekasi yang belum menerima vaksin.

Sedangkan, daerah tetangganya Kota Bekasi maupun Bogor telah lebih dulu mendapatkan vaksin. "Ini kataya lagi diproses. Kami menunggu karena memang kami tetap berupaya agar di Kabupaten Bekasi secepatnya vaksin bisa dilakukan. Kami memerlukan kepastian," ucap Eka.

Diketahui, yang menjadi prioritas pertama divaksinasi yaitu dari tenaga medis atau kesehatan. Sedikitnya 12.234 tenaga kesehatan yang telah diajukan mendapat vaksin. Baca juga: BPOM Ungkap Efek Samping Vaksin Corona Sinovac 0,1 Sampai 1%

Sebanyak 91 titik lokasi vaksinasi disiapkan Pemkab Bekasi sebagai tempat pelaksanaan penyuntikan vaksin. Lokasi tersebut di antaranya 46 rumah sakit, 44 pusat kesehatan masyarakat, dan satu klinik. Meski begitu, vaksinasi masih menunggu kepastian pemerintah pusat.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1495 seconds (0.1#10.140)