Penyaluran Vaksin Covid-19 di Bekasi Dibagi Empat Tahap hingga 2022

Rabu, 06 Januari 2021 - 15:47 WIB
loading...
Penyaluran Vaksin Covid-19 di Bekasi Dibagi Empat Tahap hingga 2022
Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BEKASI - Dinas Kesehatan Kota Bekasi mulai memetakan tahapan pemberian vaksin kepada warganya. Rencananya, Kota Bekasi akan melakukan vaksinasi Covid-19 dengan membagi empat tahapan mulai Januari 2021 hingga tahun depan. Untuk tahap pertama, wilayah yang berada di Timur DKI Jakarta tersebut mendapatkan jatah sebanyak 11.983 vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati mengatakan, pada tahap satu yang berlangsung sejak Januari hingga April 2021, sebanyak 11.983 tenaga kesehatan akan mendapatkan vaksin. ”Tahap pertama yang mendapatkan tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, dan mahasiswa kedokteran,” ujarnya, Rabu (6/1/2021). (Baca juga: Jokowi Divaksinasi Pekan Depan, Ketua Fraksi PAN: Izin Edar Vaksin Keluar Kapan?)

Memasuki tahap kedua pada waktu yang sama, vaksin diberikan kepada petugas pelayanan publik seperti TNI, Polri, dan petugas pelayanan umum lainnya. Kelompok masyarakat yang berusia di atas 60 tahun juga mendapatkan vaksin di tahap kedua. ”Lansia mendapatkan jatah vaksin di tahap kedua ini dan petugas pelayanan umum,” katanya.

Selanjutnya, pembagian vaksin di tahap ketiga berjalan pada April hingga Maret 2022. Dalam tahap ini, vaksin akan menyasar pada masyarakat rentan dari sisi sosial dan ekonomi. Pemkot Bekasi juga akan membagikan vaksin kepada pelaku ekonomi pada tahap keempat.

Meskipun telah merancang tahapan vaksinasi Covid-19, Dinkes belum mengetahui secara pasti merek vaksin yang akan diterima Pemkot Bekasi. (Baca juga: Anwar Hafid: Pemerintah Harus Pastikan Vaksin Covid-19 Aman)
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)