Tak Mau Ambil Risiko, Pemkot Bogor Tangguhkan Pembelajaran Tatap Muka

Senin, 04 Januari 2021 - 15:45 WIB
loading...
Tak Mau Ambil Risiko, Pemkot Bogor Tangguhkan Pembelajaran Tatap Muka
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim (Kanan). Foto/SINDOnews
A A A
BOGOR - Rencana pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Bogor yang sedianya dilaksanakan bulan ini akhirnya ditangguhkan. Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim menyebutkan Pemkot Bogor belum membuka pembelajaran tatap muka di sekolah karena masih berisiko tinggi terjadi penularan COVID-19.

"Kesehatan dan keselamatan siswa dan seluruh pemangku kepentingan dunia pendidikan itu yang utama. Jadi kita tidak ingin mengambil risiko ketika kita terlalu cepat mengambil keputusan untuk membuka pembelajaran tatap muka di sekolah," kata Dedie, Senin (4/1/2021).

Dedie menyebut, penyebaran COVID-19 di Kota Bogor terbilang masih tinggi. Sejak beberapa bulan terakhir, penambahan kasus positif COVID-19 di Kota Bogor mencapai angka 70-an kasus dalam sehari. (Baca juga; Belum Lakukan Pembelajaran Tatap Muka, Pemprov DKI Ajak Masyarakat Pelajari Laman Siap Belajar )

"Kalau dalam status, (Kota Bogor) hari ini masih dalam zona oranye. Akan tetapi zona merah sekarang dengan zona merah dulu itu berbeda, kalau kita lihat rata-rata tambahan kasus positif COVID-19 di Kota Bogor, perhari kan sekitar 70 kasus, dulu waktu tambahan 30 saja sudah masuk zona merah," papar Dedie.

Dedie menyebut, kondisi tempat tidur untuk pasien COVID-19 di Kota saat ini sudah mendekati kondisi krisis. Karena jumlah kasus aktif COVID-19 sudah jauh melebihi jumlah tempat tidur untuk pasien positif COVID-19. (Baca juga; Bekasi Tambah 50 Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19 di Stadion Patriot )

"Karena kapasitas rumah sakit yang hanya memiliki 544 tempat tidur, sementara sekarang kasus aktif positif hampir mendekati 1.200an. Jadi kemudian apakah kita mau mengambil risiko dengan membuka pembelajaran tatap muka di sekolah? kan itu kurang bijaksana," imbuh Dedie.

Sementara itu berdasarkan catatan Satgas COVID-19Kota Bogor, kasus positif COVID-19 bertambah 68 kasus pada Minggu (3/1/2021). Dengan tambahan 68 kasus baru itu, total kasus positif COVID-19 di Kota Bogor bertambah menjadi 5.626 kasus. Dengan rincian, sebanyak 4.408 orang sembuh, 134 orang meningal dan 1.028 orang masih dalam perawatan dan pengawasan tim medis.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)