Survei KPN: Tingkat Partisipasi Pemilih Pilkada Tangsel Capai 61,7%

loading...
Survei KPN: Tingkat Partisipasi Pemilih Pilkada Tangsel Capai 61,7%
Direktur Eksekutif KPN Miftahul Adib. Foto: Hasan Kurniawan/SINDOnews
TANGERANG - Tingkat partisipasi publik dalam Pilkada Kota Tangerang Selatan (Tangsel) 2020 diprediksi masih tinggi, mencapai 61,7% dengan angka golongan putih (golput) sebanyak 33,4%.

Sementara mereka yang ragu datang ke TPS, ada sekira 4,9%. Hal ini terungkap dalam survei partisipasi pemilih dan simulasi pemilihan Lembaga Kajian Politik Nasional (KPN), pada periode 23-27 November 2020. (Baca juga: Jelang Pilkada Tangsel, Survei LSPP Benyamin-Pilar Ungguli Paslon Lain )

Menurut Direktur Eksekutif KPN Miftahul Adib, survei dilakukan untuk mengukur sejauh mana keberhasilan pihak penyelenggara pemilu, pasangan calon, dan tim suksesnya dalam mendongkrak partisipasi pemilih.

"KPN membedah secara terperinci perilaku pemilih, baik pada segmen responden yang berpartisipasi, golput garis keras, dan yang menyatakan ragu-ragu," kata Adib kepada SINDOnews, di Serpong, Jumat (4/12/2020).



Dilanjutkan Adib, ada fenomena baru di Kota Tangsel, pada Pilkada dimasa pandemi Covid-19 ini. Ternyata, ada kelompok golput garis keras sekira 0,2% di masyarakat kita. (Baca juga: Pilkada Tangsel Memanas, Pendukung Paslon Nomor 1 dan 3 Mulai Gontok-gontokkan )

"Jika bercermin dari hasil survei kami, ada harapan, bahwa elektoral di basis golput itu masih ada akibat ketakutan terkena Covid-19. Sehingga, masing-masing paslon masih punya peluang untuk merebutnya," paparnya.

Dalam survei simulasi ini, Adib menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 976 orang. Sekitar 1% dari Daftar Pemilih Tetap (DPT), dengan margin of error 3,2%, pada tingkat kepercayaan 95%.



"Hasil survei kami juga menyatakan bahwa Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan dengan perolehan 30,1%, Muhamad-Rahayu Saraswati 17,1%, dan pasangan Siti Nur Azizah-Ruhamaben 13,6%," pungkas Adib. (Baca juga: Pilkada Tangsel Disinyalir Jadi Ajang Taruhan, Nilainya Capai Ratusan Juta )
(mhd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top