Internet Gratis, 47 jakWIFI Terpasang di Cengkareng Barat

Minggu, 15 November 2020 - 21:30 WIB
loading...
Internet Gratis, 47 jakWIFI Terpasang di Cengkareng Barat
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Sedikitnya 47 titik jakWIFI telah terpasang di wilayah Kelurahan Cengkareng Barat, Cengkareng, Jakarta Barat. Pemasangan ini menambah puluhan WiFi gratis yang sebelumnya telah terpasang.

Ketua RW 10 Cengkareng Barat, Muhammad, menyebutkan, ke 44 titik jakWIFI tersebar di 13 RT, yakni RT 01 hingga RT 13. Sedangkan enam RT yang belum terpasang seluruhnya berada di RT lingkungan Rusun Flamboyan, yakni RT 14-19.

“Alhamdulillah di RW 10 Cengkareng Barat ada 44 titik jakWIFI. Lingkungan yang belum ada jakWIFI berada di RT area Rusun Flamboyan,” ujar Muhammad, Minggu (15/11/2020). (Baca juga: Keberadaan JakWiFi di Tengah Pandemi, Bantu Siswa Jakarta Belajar Jarak Jauh)

Seluruh titik jakWIFI di wilayahnya terkoneksi atau bisa diakses warga sejak dua pekan lalu. Tiap RT terdapat minimal dua hingga empat titik. Pihaknya menyambut positif pemasangan wifi gratis program Internet Untuk Semua – JakWIFI dari Pemprov DKI Jakarta tersebut.

Menurutnya, jakWIFI sangat membantu dan bermanfaat bagi warganya, terutama untuk belajar daring, dasawisma, dan jumantik dalam pegisian data untuk kegiatan sehari-hari.

“Kami dari pengurus RW 10 Cengkareng Barat mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Karena dengan adanya jakWIFI warga kami sangat terbantu terutama anak-anak sekolah dan kader-kader Dasawisma-Jumantik bisa mengakses data dan untuk kegiatan lainnya di lingkungan RW 10 Cengkareng Barat,” ujar Muhammad.

Internet Gratis, 47 jakWIFI Terpasang di Cengkareng Barat


Terkait jangkauan atau radius sinyal, pihaknya berharap bisa diperluas lagi. Sebab saat ini jarak 10 meter dirasa cukup kurang membantu melayani masyarakat. Dia berharap agar ada penambahan jaringan ke lingkungan yang agak dalam.

“Jadi, warga yang agak jauh belum bisa mengakses. Itu harapan kami, penambahan jangkauan dari jakWiFi,” katanya. (Baca juga: Dukung PJJ, Pemkab Bogor Pasang WiFi Gratis di Ruang Publik Setiap Kecamatan)

Lurah Cengkareng Barat, R Ilham Agustian, menambahkan, saat ini total jakWIFI yang telah terpasang di wilayahnya sebanyak 47 titik, tersebar di tiga RW.

Rinciannya, di RW 10 sebanyak 44 titik, RW 07 dua titik dan RW 01 (kantor Kelurahan Cengkareng Barat) satu titik. Ia menilai pemasangan jakWIFI di RW 10 dan 07 sangat tepat, mengingat dua wilayah tersebut merupakan kawasan permukiman padat penduduk. Meski demikian, ia berharap lingkungan RW lainnya juga bisa terpasang jakWIFI. Di wilayahnya terdapat 16 RW.

“Dengan adanya jakWIFI tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama anak-anak yang harus ikut sekolah online. Untuk wilayah RW lain kami juga berharap bisa dipasang jakWIFI, agar bisa dimanfaatkan masyarakat lainnya. Di kantor kelurahan sudah terpasang dan sering dimanfaatkan warga sekitar,” tutup Ilham.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)