Sejarah Petamburan, Tempat Remaja Habib Rizieq yang Jadi Markas FPI

loading...
Sejarah Petamburan, Tempat Remaja Habib Rizieq yang Jadi Markas FPI
Salah satu kendaraan melintas di ruas jalan yang masuk kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.Foto/SINDOnews/Dok
JAKARTA - Petamburan, nama salah satu kelurahan di wilayah Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusatini, tak asing lagi di telinga. Bagi warga Ibu Kota pastinya tak akan sulit untuk menjangkau wilayah yang berbatasan langsung dengan Jakarta Barat ini.

Menjelang kembalinya Habib Rizieq Shihab yang merupakan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) ke Tanah Air, nama Petamburan kembali sering didengar masyarakat Indonesia melalui berbagai macam media massa. Ya karena di Petamburan ini lah berdiri Markas Pusat FPI.

Lalu bagaiman asal muasal nama Petamburan. Tak banyak informasi detail yang menjabarkan bagaimana asal muasal nama Petamburan. Namun, dilansir dari encyclopedia.jakarta-tourism.go.id, nama Petamburan ini bermula pada masa lalu di daerah tersebut ada seorang penabuh tambur.(Baca: Bendung Katulampa Pos Pemantau Debit Air Warisan Belanda)

Tambur dalam Kamus Bersar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dilansir melalui kbbi.web.id berarti alat musik pukul, berbentuk bundar dibuat dari kulit yang diberi berbingkai; genderang. Pada masa lampau, ada seorang penabuh tambur yang sangat tersohor di wilayah itu.(Baca: Refly Harun: Habib Rizieq Akan Mainkan Peran Signifikan dalam Politik Indonesia)



Penabuh tambur tersebut terkenal ahli menabuh tambur. Suatu hari sang penabuh tambur ini meninggal dunia dan konon jenazahnya dimakamkan di bawah pohon jati. Karena itulah banyak orang menyebut kawasan tersebut dengan Jati Petamburan.

Namun bagi warga Jakarta, daerah itu lebih dikenal dan disebut Petamburan. Nama Petamburan beberapa hari terakhir ini kian santer di telinga masyarakat. Ini terkait rencana kepulangan Habib Rizieq Shihab yang merupakan Imam Besar FPI.

Markas Pusat FPI sendiri saat ini berada di Kawasan Petamburan, Jakarta Pusat. Nama Habib Rizieq Shihab dan FPI tidak bisa dipisahkan. Untuk diketahui Habib Rizieq Shihab memiliki nama lengkap Muhammad Rizieq Husein Shibab. Dia dikenal orang dengan sebutan Habib Rizieq Shihab, seorang ulama sekaligus imam besar Front Pembela Islam (FPI).



Dilahirkan di Jakarta 24 Agustus 1966, Rizieq merupakan anak Habib Hussein Shihab dan Syarifah Sidah al-Attas. Dikutip dari buku berjudul Sisi Lain Habib Rizieq karya Fikry Muhammadi, sejak kecil pentolan FPI itu adalah seorang anak yang sudah dibesarkan di tengah lingkungan keluarga Hadhrami.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top