Dua Kelompok Massa Gelar Demo Hari Ini, Begini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitaran Thamrin

Senin, 02 November 2020 - 08:42 WIB
loading...
Dua Kelompok Massa Gelar Demo Hari Ini, Begini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitaran Thamrin
Polda Metro Jaya akan melakukan rekayasa lalu lintas terkait adanya aksi unjuuk rasa di kawasan Jalan MH Thamrin, hari ini. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Sejumlah elemen masyarakat hari ini akan menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda dan kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Prancis , Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan rekayasa lalu lintas terkait aksi tersebut.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan skenario pengalihan arus lalu lintas yang akan diberlakuka di Jalan MH Thamrin. “Kalau penutupan jalan itu sistuasional,” ujarnya, Senin (2/11/2020). (Baca juga: Demo Hari Ini di Kedubes Prancis, Tiga Ruas Jalan Akan Ditutup)

Sambodo menyebut hari ini terdapat sejumlah serikat pekerja yang akan menggelar aksi menyampaikan pendapat di sekitar kawasan Silang Monumen Nasional (Monas) dan Mahkamah Konstitusi (MK). Seperti KSPI, FSPMI, FSP KEP, SPN, dan ASPEK Indonesia.

Selain aksi buruh, massa dari Front Pembela Islam (FPI) dan PA 212, juga akan menyampaikan orasi di depan Kedubes Prancis, Jalan MH Thamrin, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. (Baca juga: Jokowi Kecam Pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang Menghina Islam )

Berikut rute pengalihan lalu lintas yang disiapkan Polda Metro Jaya terkait dua aksi unjuk rasa itu:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran III, diluruskan ke traffic light Harmoni.
2. Arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara, dibelokkan ke kanan arah Jalan Perwira.
3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan, diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.
4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju Patung Kuda Arjuna Wiwaha, dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih.
5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok ke kiri Jalan Budi Kemuliaan, diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan Jalan Budi diluruskan ke Jalan Abdul Muis.
6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan. Arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.
7. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda, dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.

"Diharapakan masyarakat yang akan beraktivitas ke kawasan tersebut untuk menundanya," tukas Sambodo.

(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)