Berkat Transjakarta, Jakarta Raih Penghargaan Dunia di Bidang Transportasi

loading...
Berkat Transjakarta, Jakarta Raih Penghargaan Dunia di Bidang Transportasi
Jakarta raih prestasi di bidang transportasi umum, khususnya moda transportasi Transjakarta. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
JAKARTA - DKI Jakartakembali meraih penghargaan di bidang transportasi. Kali ini Jakarta meraih penghargaan di bidang TransportasiBerkelanjutan 2021 berdasarkan penilaian dari Institute for Transportation and Development Policy (ITDP).

Sebelumnya, Komite Sustainable Award (STA) menganugerahkan Jakarta sebagai "Honorable Mention" diajang Sustainable Transport Award 2020 di Washington DC, Amerika Serikat, pada 14 Januari 2020 lalu. (Baca juga: Jakarta Raih Penghargaan Transportasi Perkotaan Tingkat Dunia)

Kali ini, ITDP menyebutkan bahwa Indonesia telah memenangkan penghargaan transportasi berkelanjutan pada 2021. ITDP menyampaikan selamat kepada Pemprov DKI Jakarta atas prestasinya di bidang transportasi umum, khususnya moda transportasi bus Transjakarta.

"ANNOUNCEMENT: Jakarta, Indonesia has won the 2021 Sustainable Transport Award! Congratulations to the city for their exemplary achievements in public transportation, particularly with Transjakarta #BRT. @DKIJakarta @aniesbaswedan @itdpindonesia #mobilize2020," tulis ITDP melalui akun twitternya, @ITDP_HQ, Sabtu (30/10/2020).



ITDP adalah organisasi nirlaba yang didirikan di Amerika Serikat pada 1985 oleh para pelaku advokasi transportasi berkelanjutan. ITDP telah mempelopori kebijakan dan proyek transportasi yang berwawasan lingkungan, berkelanjutan dan mengakomodasi kesetaraan. (Baca juga: Aplikasi TIJE Permudah Pengguna Bus Transjakarta, Ini Fitur-Fitur Andalannya)

ITDP membagi pengalamannya pada negara-negara berkembang untuk tidak melakukan kesalahan yang sama yang dilakukan negara berkembang lain dalam masalah moda tranportasi.

Seperti biaya yang mahal dan merusak lingkungan, yang biasanya karena ketergantungan pada penggunaan transportasi pribadi. ITDP saat ini aktif di Indonesia, India, China, Afrika Selatan, Senegal, Ghana, Tanzania, Brazil, Meksiko dan Kolombia.



Pemprov DKI Jakarta dapat meraih penghargaan tersebut berkat usahanya memperbaiki sistem transportasi di ibu kota. Capaian membanggakan ini tak terlepas dari peran SmartCitizen yang selalu menggunakan transportasi publik, terutama Bus Rapid Transit di Jakarta atau yang dikenal dengan Transjakarta.

Moda transportasi yang dicanangkan sejak tahun 2004 ini dianggap mampu mengurai kemacetan. Keberadaan Transjakarta mampu meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

Selain berhasil mengintegrasikan berbagai moda transportasi, Transjakarta juga mampu meningkatkan pelanggan sebesar 200 persen dalam waktu 3 tahun.
(thm)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top