Libur Panjang Pekan Depan, Ridwan Kamil Minta Warga Jakarta Tidak Liburan ke Puncak

Kamis, 22 Oktober 2020 - 17:32 WIB
loading...
Libur Panjang Pekan Depan, Ridwan Kamil Minta Warga Jakarta Tidak Liburan ke Puncak
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.Foto/SINDOnews/Dok
A A A
DEPOK - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta warga Ibu Kota tidak melakukan perjalanan ke Kawasan Puncak, Bogor , pada libur panjang pada 29 Oktober 2020 mendatang.

“Jadi ikutilah imbauan pemerintah, enggak usah memaksakan diri ke Puncak dan ke Cianjur. Maksimalkan rekreasi di dekat rumahnya masing-masing saja,” kata Ridwan Kamil di Depok, Kamis (22/10/2020).

Menurut Emil, pihaknya baru mendapat arahan dari pemerintah pusat siang tadi sebelum melakukan tinjauan simulasi vaksin di Puskesmas Tapos, Depok. “Arahannya memang memotivasi orang untuk mengurangi pergerakan. Karena kalau lepas kendali, kerumunan tidak terkendali, itu susah untuk menjadikan ukuran,” kata Emil.

Emil mengaku khawatir dengan banyaknya pergerakan masyarakat saat cuti bersama. Pasalnya dari pengalaman sebelumnya bahwa cuti bersama memberi pengaruh pada jumlah kasus yang terkonfirmasi. “Hasil sejarah yang lalu pengaruhnya besar sekali waktu long weekend Idul Adha,” ujarnya. (Baca: Layanan Transjakarta Dihentikan, Koridor Blok M-Kota Dialihkan)

Dia menyebutkan penutupan kawasan Puncak bisa saja dilakukan jika trafficnya sudah diambang batas. Kendati penutupan tidak bisa dilakukan 100 persen.“Itu dilakukan di waktu-waktu atau di jam-jam tertentu. Dan itu pasti akan kita ulangi, apalagi long weekend ini terdeteksi potensinya sangat besar. Karena itu saya juga mengimbau, kalau Puncak-kan biasanya wisatawannya dari Jakarta. Jadi ikutilah imbauan pemerintah,” pintanya.

Emil menuturkan, pihaknya akan melakukan penyekatan-penyekatan jika dirasa volume pergerakan sudah melebihi perkiraan kapasitas. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19. “Jadi intinya tidak dilarang, tapi kami punya kapasitasnya. Kalau dalam hitungan traffic outing-nya kapasitasnya berlebih, pasti akan kita tutup,” ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)