Siapkan Ketahanan Pangan, Warga Kemayoran Bentuk Kebun Bhineka RW 06

loading...
Siapkan Ketahanan Pangan, Warga Kemayoran Bentuk Kebun Bhineka RW 06
Warga RW 06 Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, melakukan aksi berkebun bersama di lingkungan setempat.Foto/Istimewa
JAKARTA - Warga RW 06 Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, melakukan aksi berkebun bersama di lingkungan setempat. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk ketahanan pangan dari warga untuk warga.

Gerakan berkebun yang diberi nama Kebun Bhineka RW 06 ini diinisiasi Ketua RW 06, Gurabillah. Dia menerangkan, Kebun Bhineka RW 06 ini merupakan kegiatan sosial yang memanfaatkan lahan non-produktif di perkotaan dengan cara menanaminya dengan tanaman yang bermanfaatn dan menjadikannya sebagai kebun produktif."Kebun Bhineka dibuat untuk menciptakan ketahanan pangan dari warga untuk warga dan sebagai sarana edukasi bercocok tanam warga serta sebagai tempat bersosialisasi sesama warga RW 06," kata Gurabillah dalam siaran tertulis yang diterima SINDOnews pada Minggu (18/10/2020).

Menurut dia, kegiatan berkebun ini melibatkan seluruh elemen warga RW 06, mulai dari PKK, Karang Taruna dan warga-warga. Setiap elemen pun memiliki tanggung jawab masing-masing mulai dari menyiapkan benih, menanam memberi pupuk hingga menyiapkan panen bersama.

"Di kebun ini ditanam sejumlah tanaman seperti kangkung, bayam merah dan bayam hijau," ujarnya.(Baca: Wagub DKI Minta Lurah dan Camat Data Bangunan Bantaran Kali)



Gurabillah berharap, kegiatan ini bisa menularkan semangat kepada teman-teman dan warga lainnya untuk lebih peduli terhadap lingkungan, khususnya warga di RW 06 supaya dapat menjadi wilayah yang hijau, bersih, sehat, nyaman."Dan mempunyai nilai serta kualitas yang tinggi untuk ditinggali di masa depan kepada generasi penerus dan anak cucu kita," ucapnya.

Sekadar diketahui dalam kegiatan menanam ini juga dihadiri Camat Kemayoran, Asep Mulyaman, Lurah Kebon Kosong, Suparjo serta Asisten Kesra Pemkot Jakarta Pusat, M Fahmi.
(hab)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top