Selain Covid-19, Pemkot Depok juga Antisipasi DBD dan Chikungunya

loading...
Selain Covid-19, Pemkot Depok juga Antisipasi DBD dan Chikungunya
Foto: Ilustrasi/Dok SINDOnews
DEPOK - Di masa pandemi, Pemerintah Kota Depok juga tetap memerhatikan sisi kesehatan lain untuk masyarakat yakni mengantisipasi wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Chikungunya. Penyakit ini kerap menjangkiti warga pada musim penghujan.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Depok Umi Zakiati mengatakan, peningkatan kewaspadaan sudah disampaikan pada seluruh rumah sakit dan puskesmas di Depok. Di samping itu, pihaknya juga tetap fokus penanganan Covid-19. (Baca juga: Penelitian Temukan Demam Berdarah Dapat Beri Kekebalan terhadap COVID-19)

“Adapun yang dilakukan antara lain menangani pasien DBD dan Chikungunya sesuai kewenangan dan prosedur tata laksana klinis, melakukan rujukan berjenjang sesuai prosedur berlaku, dan meningkatkan surveilans kasus DBD dan Chikungunya,” ujarnya, Jumat (16/10/2020).

Selanjutnya, memberikan laporan kasus DBD dan Chikungunya kepada Dinkes secara aktif setiap minggu. "Juga kami ajak untuk berperan aktif dalam kegiatan sosialisasi dan edukasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui kegiatan menguras, menutup, dan memanfaatkan kembali barang bekas plus mencegah gigitan nyamuk (3M Plus)," kata Umi. (Baca juga: Jaga Lingkungan dan Tubuh dari Dalam Penting untuk Hindari DBD)

(jon)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top