786 Warga Kota Bekasi Masih Jalani Isolasi Mandiri di Hotel dan Rumah Sakit

Senin, 12 Oktober 2020 - 11:27 WIB
loading...
786 Warga Kota Bekasi Masih Jalani Isolasi Mandiri di Hotel dan Rumah Sakit
Sekitar 786 warga Kota Bekasi masih menjalani isolasi mandiri di berbagai tempat, seperti di hotel, gedung olahraga, dan stadion yang ditunjuk. SINDOnews/Abdullah M Surjaya
A A A
BEKASI - Sekitar 786 warga Kota Bekasi masih menjalani isolasi mandiri di berbagai tempat, seperti di hotel, gedung olahraga, dan stadion yang ditunjuk. Pemerintah Kota Bekasi menyebutkan perkembangan kasus COVID-19 di wilayahnya saat ini masih menunjukan peningkatan signifikan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati mengatakan, ratusan pasien menjalani isolasi mandiri di berbagai lokasi, seperti di Stadion Patriot, hotel, dan rumah sakit di Kota Bekasi. "Ratusan warga ini menjalani isolasi yang telap disiapakan maupun di rumah sakit," katanya, Senin (12/10/2020). (Baca juga; 1.101 Pasien OTG di Depok Isolasi Mandiri di Rumah )

Dia menjelaskan, pasien yang menjalani isolasi mandiri di The Green Hotel ada 19 orang, Stadion Patriot 31 orang, dan 730 pasien tersebar lain di seluruh rumah sakit rujukan Kota Bekasi. Jumlah tersebut tidak bisa jadi ukuran peningkatan, karena kasus bukan berdasarkan banyak atau tidaknya yang isolasi di GOR atau The Green Hotel atau rumah sakit se- Kota Bekasi.

Artinya, kalau ditanya perbandingan jumlah dari hari kemarin dan hari ini, tentu akan sulit karena bisa berubah tiap saat. Bahkan, pasien yang menjalani isolasi mandiri di setiap lokasi itu juga bakal terus dipantau dan dicek terus kondisi kesehatan apakah terus membaik atau tidak.

Kemudian, dilakukan swab test yang menentukan waktu si pasien isolasi mandiri dirawat di lokasi tersebut. Apabila hasil PCR negatif, maka pasien diperbolehkan pulang dan lanjutkan isolasi mandiri di rumah dengan dipantau oleh puskesmas setempat. (Baca juga; Pemkot Tangerang Siapkan 160 Kamar Gratis untuk Isolasi di Hotel Kyriad )

"Jadi, kalau sudah negatif artinya penularan sudah tidak ada, sehingga diperbolehkan pulang. Hal ini menghindari dari pasien di sana yang masih positif semua dan bisa mengakibatkan tertular kembali," ungkapnya. Kota Bekasi miliki ketersediaan tempat tidur untukk digunakan itu sebanyak 1.070 tempat tidur.

Terdiri dari, di sejumlah rumah sakit yang menjadi rujukan pasien COVID-19, baik milik pemerintah atau swasta, lalu RS darurat di Stadion Patriot Chadrabaga, dan The Green Hotel."Harapan kita angka penularan di Kota Bekasi bisa kembali menurun dan tidak kembali meningkat," tegasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)