Bibit Siklon Tropis di Samudera Hindia, Jakarta Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

Selasa, 05 Mei 2020 - 10:08 WIB
loading...
Bibit Siklon Tropis di Samudera Hindia, Jakarta Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang
Pengendara motor dan mobil tetap melintas di tengah guyuran hujan deras. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejak Senin 4 Mei 2020 pagi kemarin, BMKG melalui Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta memantau pertumbuhan bibit badai siklon tropis dengan kode “96S” di Samudra Hindia sebelah barat daya Lampung yang terus menguat hingga malam hari. Berdasarkan analisis pukul 01.00 WIB tanggal 5 Mei 2020, bibit siklon tersebut berada sekitar 7.6 LS dan 102.3 BT, atau sekitar 413 kmbarat daya Tanjung Karang.

PLT Deputi Bidang Meteorologi BMKG Herizal mengatakan, bibit siklon tropis “96S” diprakirakan berpotensi menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan dengan pergerakan ke arah Selatan - Barat Daya menjauhi wilayah Indonesia.

Keberadaan bibit siklon tropis “96S” ini mengakibatkan pertumbuhan awan hujan di sekitarnya, antara lain di wilayah Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

"Masyarakat diimbau waspada karena diprakirakan daerah-daerah tersebut berpotensi terkena dampak berupa hujan lebat dan angin kencang di sebagian wilayahnya," ujar Herizal lewat keterangan persnya, Selasa (5/5/2020).

Selain itu, kata dia, potensi gelombang laut dengan ketinggian lebih dari 3 meter berpotensi terjadi di wilayah perairan barat Bengkulu hingga Lampung, perairan Selat Sunda bagian Selatan, perairan Selatan Banten hinggaJawa Barat, dan Samudra Hindia barat Bengkulu hingga Jawa. "Sehingga nelayan dan kapal yang melintas diimbau untuk waspada dan berhati-hati," imbaunya lagi.

BMKG terus memantau perkembangan bibit siklon “96S” ini. Masyarakat di imbau untuk tetapberhati hati pada potensi hujan lebat yang dapat menimbulkan dampak seperti banjir, tanah longsor dan banjir bandang.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1537 seconds (0.1#10.140)