Satresnarkoba Polres Jaksel Ajak Warga Berantas Narkoba via Aplikasi Qlue

Selasa, 08 September 2020 - 18:50 WIB
loading...
Satresnarkoba Polres Jaksel Ajak Warga Berantas Narkoba via Aplikasi Qlue
Kasubnit 2.1 Satresnarkoba Polres Jakarta Selatan, Ipda Muh. A. Siala saat melakukan patroli dan mengajak warga memberantas narkoba di wilayah Jakarta Selatan.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Satresnarkoba Jakarta Selatan melaksanakan patroli qlue di wilayah Jakarta Selatan dan mengajak masyarakat untuk memberantas narkoba melalui pelaporan aplikasi Qlue. Ini dilakukan karena banyaknya kasus penyalahgunaan narkoba di masa pandemi Covid-19 .

Kasubnit 2.1 Satresnarkoba Polres Jakarta Selatan, Ipda Muh. A. Siala mengatakan, praktik bekerja dari rumah atau work from home tidak membuat penyalahgunaan narkoba menurun. Hal ini membuat masyarakat memiliki peran aktif melakukan pelaporan kepada kepolisian dalam perang melawan narkoba.

"Masa Covid-19 membuat aktivitas masyarakat lebih banyak di rumah membuat penyalahgunaan narkoba terjadi pada komunitas dan pribadi sehingga menyulitkan pengawasan oleh polisi. Masyarakat dapat berperan aktif dalam perang melawan narkoba melalui laporan menggunakan aplikasi Qlue," kata Siala dalam siaran tertulis yang diterima SINDOnews pada Selasa (8/9/2020).

Menurut dia, aplikasi qlue dibuat sebagai media untuk instansi pemerintah dan swasta dalam menerima laporan dan masalah dengan memanfaatkan perangkat mobile, kecerdasan buatan dan internet of Things (IoT). Kolaborasi antara Qlue dan Polres Jaksel sudah berlangsung sejak 2017. (Baca: Lewat Kuasa Hukum, Reza Artamevia Ajukan Rehabilitasi)

Siala mencatat beberapa penangkapan terhadap tersangka kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah Jakarta Selatan tidak lain terjadi berkat pelaporan masyarakat terhadap aktivitas peredaran narkoba yang semakin canggih. "Keterlibatan masyarakat sebagai ujung tombak keamanan lingkungan terutama kasus narkoba menjadi bagian nyata Gerakan Polisi Sahabatku. Pelaporan digital menjamin keamanan data pelapor dan aktualitas laporan sehingga polisi dapat cepat menindaklanjuti," tuturnya.

Selain melakukan sosialisasi pelaporan narkoba oleh masyarakat, Satresnarkoba Jaksel melakukan kampanye pencegahan Covid-19 dengan aksi simpatik mengingatkan masyarakat untuk tetap menggunakan masker, menjaga jarak aman dan mencuci tangan. Sosialisasi simpatik dilakukan Siala dan jajarannya di wilayah Jalan Raya Pertanian, Pasar Minggu.

Masyarakat yang tidak mengenakan masker mendapatkan arahan dan mendapatkan masker secara cuma-cuma."Hari ini kita selain melakukan sosialisasi agar masyarakat terlibat aktif melakukan pelaporan kasus narkoba dan mengimbau agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)