Jaga Social Distancing, KCI Tambah 2 Jadwal Pemberangkatan Kereta

Rabu, 18 Maret 2020 - 17:04 WIB
Jaga Social Distancing, KCI Tambah 2 Jadwal Pemberangkatan Kereta
Jaga Social Distancing, KCI Tambah 2 Jadwal Pemberangkatan Kereta
A A A
JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengimbau para pengguna transportasi ini untuk menjaga jarak dengan para pengguna lainnya. Imbauan ini sebagai bentuk penerapan jarak sosial di Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line .

Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan, imbauan ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan orang, termasuk di transportasi publik. Menjaga jarak di antara pengguna juga lebih dimungkinkan dengan telah berkurangnya pengguna KRL seiring semakin banyaknya institusi dan perusahaan yang menganjurkan karyawan untuk bekerja dari rumah.

"Untuk hari Selasa 17 Maret, dengan semakin bertambahnya orang yang bekerja dari rumah, jumlah pengguna KRL tercatat 610.207," kata Anne kepada wartawan di Jakarta, Rabu (18/3/2020). (Baca Juga: Jokowi Imbau Jaga Jarak dan Beraktivitas Dari Rumah
Dia menambahkan, dari data transaksi tiket elektronik KCI jumlah pengguna KRL pada Senin 16 Maret 2020 mencapai 733.140, turun 27 persen dibanding Senin 9 Maret 2020 yang mencapai 1.009.362. Sementara pantauan di sejumlah stasiun KRL pada Senin 16 Maret kemarin.

"Bogor (turun 28 persen dibanding Senin, 9 Maret 2020). Tebet (turun 28 persen). Tanah Abang (turun 23 persen). Gondangdia (turun 30 persen). Sudirman (turun 26 persen)," tuturnya. (Baca Juga: Positif Corona di Indonesia 227 Kasus, 19 Meninggal Dunia
Meskipun terdapat penurunan, kata dia, PT KCI akan menambah dua pemberangkatan dari Bogor pada jam sibuk pagi hari untuk semakin mengurangi kepadatan pengguna.

"Pemberangkatan Bogor tujuan Kampung Bandan pukul 05.32 WIB dan pemberangkatan Bogor tujuan Jakarta Kota pukul 06.02 WIB," kata Anne. (Baca Juga: Bikin Resah, Penyebar Hoaks Corona Harus Ditangkap!
Dia berharap, masyarakat bisa bekerja sama untuk mencegah penyebaran virus Corona di KRL. Salah satu cara, kata dia, jangan masuk ke gerbong kereta jika sudah penuh.

"Kami berharap masyarakat khususnya pengguna KRL dapat bekerja sama dan saling mengingatkan sesama pengguna untuk menjaga jarak. Bila kereta sudah tampak mulai padat, pengguna sebaiknya mempertimbangkan untuk naik kereta selanjutnya," tuturnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3526 seconds (0.1#10.140)