Antisipasi Penyebaran Corona, RSUD Bekasi Siapkan Ruang Isolasi Khusus

Jum'at, 24 Januari 2020 - 21:34 WIB
Antisipasi Penyebaran Corona, RSUD Bekasi Siapkan Ruang Isolasi Khusus
Antisipasi Penyebaran Corona, RSUD Bekasi Siapkan Ruang Isolasi Khusus
A A A
BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyiapkan ruang isolasi khusus bagi pasien yang terpapar virus Corona. Ruang khusus yang berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Chasbulah itu bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran virus mematikan tersebut menyebar di wilayah Bekasi dan sekitarnya.

”Agar saat penanganan tidak dijadikan satu (kamar) dengan pasien lainnya, makanya kami berikan ruang tersendiri bagi penderita virus ini,” ujar Direktur RSUD Kota Bekasi, Kusnanto Saidi, Jumat (24/1/2020)

Menurut dia, penempatan ruang isolasi sebenarnya hanya bersifat penampungan saja. Sehingga, sebelum dirujuk ke rumah sakit khusus infeksi, pasien lebih dulu ditampung di ruang tersebut. (Baca juga: Apa Itu Virus Corona yang Sedang Mewabah di Wuhan)

Rumah sakit yang dipimpinnya itu belum memiliki obat penanganan khusus virus Corona. Sejauh ini pihaknya masih menunggu dari pemerintah pusat untuk menanggulangi penyakit itu. Apalagi ruang isolasi yang dipakai pada dasarnya untuk pasien paru. Sehingga penanganan pasien virus corona sifatnya hanya sementara untuk penanganan penderita virus mematikan ini.

Untuk diketahui, penyebaran virus Corona berasal dari China. Akibat paparan virus itu sudah ada belasan orang yang meninggal dunia. Kasus serupa telah ditemukan di negara lain, seperti Jepang, Korea Selatan, dan Thailand. Berbagai negara di dunia tengah mengantisipasinya.

Saat ini, virus Corona tengah membuat resah masyarakat di Indonesia. Apalagi kabar yang tersiar jika terdapat masyarakat Indonesia terjangkit virus yang berasal dari China itu. Namun kabar itu telah dibantah langsung oleh orang nomor satu di Indonesia. (Baca juga: WNA Diduga Terjangkit Virus Corona, Dinkes DKI: Sampai Saat Ini Belum Ada)

Presiden Joko Widodo menepis soal ada warga Indonesia yang terjangkit penyakit atau virus mematikan itu. Namun presiden tetap mewanti-wanti masyarakat, termasuk pemerintah daerah, untuk menghadapi kemungkinan penyebaran virus Corona.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4679 seconds (0.1#10.140)